Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register
Sabtu, 03 Agustus 2013, 09:01 WIB

360 Personil Kepolisian Turut Amankan Pelabuhan Merak

Personil Brimob Banten melakukan penjagaan di gang way Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (2/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
A+ | Reset | A-

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Sebanyak 360 personil kepolisian diturunkan untuk turut mengamankan situasi dan kondisi selama musim mudik Lebaran 1434 Hijriah di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Cilegon, Banten. Hal tersebut ditujukan, agar tindak kriminalitas yang biasa terjadi di titik-titik mudik, seperti pelabuhan, bisa terminimalisasi.

Kepala Kepolisian Resor Kota Cilegon, Ajun Komisaris Besar Defrian Donimando, mengatakan kekuatan pengamanan tersebut, berlangsung mulai dari H-7 hingga H+7 Idul Fitri 2013 ini. ''Ya, personil pengamanan yang diturunkan dari Polres Cilegon saja, sebanyak sekitar 360 anggota,'' kata Defrian, kemarin, di Pelabuhan Merak, Banten.

Ia menjelaskan, bahkan dalam ratusan personil pengamanan tersebut, terdapat pula di dalamnya dua pleton pengamanan khusus. ''Satu pleton tim Jihandak (Penjinak Bahan Peledak-Red) dan satu pleton Sniper dari Polda Banten,'' jelasnya.

Defrian menerangkan, personil pengamanan tersebut, bertugas secara bergantian di Pelabuhan Merak ini. Meski berjumlah 300 lebih, akan tetapi saat ini jumlah personil yang bertugas di lapangan, sekitar 90 orang.
''Kekuatan penuhnya sebanyak 360 personil. Ya sekarang-sekarang ini namun yang baru bertugas setiap harinya 90 personil,'' kata Defrian. Jumlah tersebut, hanyalah baru 2/3-nya saja dari kekuatan penuh.

Ia mengungkapkan, sebanyak 90 personil kepolisian yang bertugas sehari-hari tersebut merupakan anggota kepolisian yang tak berseragam. ''Di titik-titik tertentu kami tempatkan personil mobile yang tak berseragam,'' tegasnya.

Mereka diturunkan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal kejahatan seperti, pencurian barang pemudik, penipuan, hingga pembiusan, yang memang biasa terjadi saat aktivitas bermudik Lebaran seperti ini. Setiap satu shift, polisi tak berseragam ini bertugas sebanyak 45 orang.

Reporter : Alicia Saqina
Redaktur : Dewi Mardiani
664 reads
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))
Topik: Salam Ramadhan
Tweet: #RAMADHANwithROL