Minggu, 26 Zulqaidah 1435 / 21 September 2014
find us on : 
  Login |  Register
Selasa, 23 Agustus 2011, 19:47 WIB

Pemudik Mulai Serbu Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Rombongan kendaraan pemudik asal DKI Jakarta dan berbagai daerah di Jawa Barat mulai terlihat memasuki Jawa Tengah, Selasa (23/8). Meski belum menunjukkan jumlah yang signifikan, jumlah pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah akan terus meningkat pada Rabu (24/8) besok.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah, Urib Sihabudin mengatakan informasi Posko Induk Dishubkominfo, para pemudik dalam rombongan kecil mulai terpantau di Posko Cisanggarung, Losari Brebes, Jawa Tengah.

"Jumlah kendaraan pemudik --baik sepeda motor maupun mobil pribadi-- yang melintas ini kami perkirakan bakal terus meningkat pada Rabu dan puncaknya pada Sabtu (27/8) dan Ahad (28/8) nanti," ujar Urip kepada Republika Online saat.

Ia menambahkan, jumlah pemudik dengan tujuan atau yang akan melintasi Jawa Tengah tahun ini akan mencapai 5,79 juta orang atau mengalami peningkatan  8,6 persen, dibandingkan jumlah pemudik Lebaran tahun lalu yang mencapai 5,33 juta orang.

Dari jumlah ini masih akan didominasi oleh pemudik yang menggunakan moda angkutan jalan raya. Jumlah pemudik tahun ini yang menggunakan moda angkutan jalan raya diprediksi mencapai 5.518.447 orang dengan menggunakan 965.850 kendaraan.

Baik armada angkutan bus, mobil pribadi, maupun pemudik bersepeda motor. "Cuaca yang mendukung dan waktu libur yang lebih leluasa menjadi faktor pemicu peningkatan jumlah pemudik ini," imbuh Urip.

Reporter : C19
Redaktur : Djibril Muhammad
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya ketika saling berjumpa di hari Ied mereka mengucapkan: Taqabbalallahu Minna Wa Minka (Semoga Allah menerima amal ibadah saya dan amal ibadah Anda)(HR Imam Ahmad dalam Al Mughni (3/294))