Rabu, 26 Ramadhan 1435 / 23 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Minggu, 21 Agustus 2011, 17:11 WIB

Ini Dia 13 Jalur Rawan Longsor Saat Mudik di Jawa Barat

beritabatavia.com
Longsoran bukit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Meski arus mudik lebaran kali ini terjadi pada musim kemarau, namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops II Bandung tetap melakukan antisipasi  terhadap kemungkinan longsor saat hujan tiba.

Dari hasil pendataan yang dilakukan PT KAI Daops II Bandung, ada sebanyak 13 titik rawan longsor jalur kereta. Ke-13 titik tersebut berada di wilayah Purwakarta dan Garut.

’’Petugas tersebut bersiaga di titik-titik rawan longsor tersebut,’’kata Kepala Humas Daop II Bandung, Bambang S Prayitno , Ahad (21/8).

Menurut Bambang,  lokasi rawan longsor tersebut ada di wilayah barat, yakni antara Purwakarta dan Padalarang. Sedangkan jalur timur yang rawan longsor berada di Nagreg, Kabupaten Bandung  hingga Garut. Kondisi di kedua wilayah tersebut, kata dia, berbukit dengan kontur tanah yang labil.

Dikatakan  Bambang, di jalur barat yaitu Purwakarta-Stasiun Sukatani, terdapat lima  titik rawan longsor. Sementara di jalur timur, Nagreg hingga Garut,  ada delapan  titik rawan longsor,. Di wilayah timur posisi titik rawan longsor berada di Nagreg-Lebakjero (enam titik), dan Bumiwaluya-Warungbandrek (dua titik).

Reporter : Djoko Suceno
Redaktur : Stevy Maradona
Berita Terkait:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)