Rabu 15 Sep 2010 04:25 WIB

Arus Balik, Bandara Soekarno-Hatta Masih Sepi Pada H+3

Rep: c25/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Hingga H+3 lebaran, Selasa (14/9), lonjakan penumpang arus balik lebaran di Bandara Soekarno-Hatta masih relatif sepi. Diperkirakan, puncak arus balik terjadi pada H+5, Jumat (17/9).

Menurut Kepala Posko Mudik Bandara Soekarno-Hatta, Jaya Sirait Tahoma, PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara memperkirakan jumlah penumpang pada H+3 mencapai 125 ribu orang. Menurutnya, jumlah tersebut meningkat sekitar 10 persen dibanding H+3 arus balik lebaran tahun lalu. "Walaupun masih sepi, tapi secara umum terjadi peningkatan dibanding tahun lalu," kata Jaya saat dihubungi Republika, Selasa (14/9).

Sementara itu, pada H+2, Senin (14/9), jumlah penumpang yang memadati bandara mencapai 122 ribu orang. Jaya memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada H+5 lebaran, Jumat (16/9) mendatang. Menurutnya, jumlah penumpang pada H+5 tersebut bisa mencapai 142 ribu penumpang.

Menurutnya, perkiraan puncak arus balik yang jatuh pada H+5 tersebut berbeda dengan puncak arus balik pada tahun lalu. Menurutnya, puncak arus balik lebaran tahun lalu terjadi di H+6 dengan jumlah penumpang mencapai 128 ribu penumpang.

Menurut Jaya, ada beberapa kota yang memiliki jumlah penerbangan terbanyak pada arus balik lebaran tahun ini. Menurutnya, jumlah penerbangan terbanyak berasal dari Denpasar disusul oleh Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

Menurutnya, untuk Denpasar dan Yogyakarta per harinya pada arus balik lebaran tahun ini terdapat sekitar 100 penerbangan. Sedangkan Surabaya dan Medan mencapai 30-an penerbangan setiap harinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement