Senin 23 Aug 2010 23:08 WIB

Jalintim Sumatra Belum Mulus

Rep: Maspril Aries/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Arus mudik Idul Fitri pada ruas jalan lintas timur (Jalintim) antara Palembang-Perbatasan Provinsi Lampung memang belum ramai. Namun ruas tersebut kondisinya masih memprihatinkan. Banyak kendaraan yang melintas harus berjalan zig-zag untuk menghindari lubang yang masih banyak menganga.

 

Ruas Jalintim pada wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dijumpai pada ruas antara Desa Rejomulyo-Dabukrejo sampai Pematang Panggang di perbatasan antara Sumatra Selatan (Sumsel) dengan Lampung. Sunarno, sopir truk pengangkut barang dengan tujuan Jambi, Senin (23/8) mengatakan, ''Selain kerusakan Jalintim di Lampung, di Sumsel juga masih ada Jalintim yang rusak yang mengganggu kelancaran lalu lintas seperti antara Pematang Panggang-Dabukrejo-Rejomulyo. Kemudian di Simpang Penyandingan dan Kayu Agung ada pembangunan jalan cor sehinggar mobil terjebak dalam antrian panjang.''

 

Kerusakan dan perbaikan Jalintim juga masih ditemukan pada ruas antara Kayu Agung-Palembang yang berjarak sekitar 85 kilometer. Pada ruas ini yang melintas di Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih ada proyek pelebaran jalan yang belum selesai sehingga kerap menimbukan kemacetan lalu lintas. Seperti ruas Jalintim di Kecamatan Tanjung Raja ada pelebaran jalan yang belum rampung sehingga hanya menyisakan galian di tepi jalan. Akibatnya terjadi antrian panjang kendaraan, karena kendaraan harus berjalan lambat.

 

Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel, Heri Amalindo, mengatakan jalan yang rusak pada ruas Jalintim dan juga Jalinsum yang merupakan jalan negara bukan tanggung jawab pemerintah provinsi. Khusus pada ruas Jalinsum, menurutnya, terjadi tiga titik kerusakan antara Simpang Sugi Waras antara Baturaja dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Kabupaten Muara Enim.

 

Menurut Heri, meskipun jalan negara karena menyangkut keselamatan pemudik menjelang Idul Fitri, Dinas PU Sumsel segera melakukan perbaikan dan diharapkan pada H-7 Idul Fitri jalan rusak tersebut sudah selesai diperbaiki. Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto saat berkinjung ke Palembang meninjau pembangunan fasilitas Sea Games pekan lalu mengatakan,  jalur mudik sepekan sebelum Idul Fitri harus sudah selesai perbaikannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement