Jumat 25 Mar 2022 17:22 WIB

Ini Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 

Salah satu syarat, yakni lulus SMA/SMK/sederajatan maksimal dua tahun sebelumnya.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022 dapat diikuti oleh semua siswa yang memenuhi tiga syarat.
Foto: republika/mardiah
Ilustrasi. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022 dapat diikuti oleh semua siswa yang memenuhi tiga syarat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022 dapat diikuti oleh semua siswa yang memenuhi tiga syarat. Hal yang perlu diperhatikan, KIP Kuliah Merdeka menyasar mahasiswa yang memenuhi syarat dengan kategori mahasiswa baru, bukan yang sudah berada dalam masa perkuliahan. 

"Intinya, KIP Kuliah ini menyasar mahasiswa yang memenuhi syarat dengan kategori mahasiswa baru, bukan yang on going study," ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar, lewat keterangan pers, Jumat (25/3/2022). 

Baca Juga

Syarat pertama, Kahar menjelaskan siswa merupakan lulusan SMA, SMK, atau sederajat pada 2022 atau yang telah dinyatakan lulus maksimal dua tahun sebelumnya. Siswa tersebut harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta Nomor Induk Kependidikan (NIK) yang valid.

Syarat kedua, siswa memiliki potensi akademik yang baik tetapi mengalami keterbatasan ekonomi dengan dibuktikan melalui dokumen yang sah. Syarat ketiga, siswa yang lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur yang diselenggarakan dan diterima oleh PTN atau PTS dengan program studi terakreditasi. 

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020, lanjut Kahar, untuk jalur SNMPTN pada 7 Februari hingga 17 Maret 2022, jalur SNMPTN pada 13 Februari hingga 27 Februari 2022, jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK-SBMPTN) pada 22 Maret hingga 14 April 2022. 

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) pada 5 April hingga 29 Juni 2022, jalur seleksi mandiri PTN pada 1 Juni hingga 7 Oktober 2022, dan jalur seleksi mandiri PTS pada 8 Juni hingga 31 Oktober 2022. "Meskipun dibagi menjadi enam periode pendaftaran yang berbeda, calon mahasiswa perguruan tinggi bisa mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2022 mulai saat ini," kata Kahar. 

Kahar mengatakan, calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang dinyatakan diterima di perguruan tinggi dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka. "Semua bisa kuliah dengan KIP Kuliah, karena pemerintah sudah menyiapkan bantuan, maka kita harus siapkan diri dengan sungguh-sungguh. Dengan kesungguhan itu, kita akan sukses meraih beasiswa ini dengan sukses. Saya ingatkan, tidak ada kata terlambat. Teman-teman yang merasa memenuhi syarat, silakan mendaftar," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement