Kamis 10 Mar 2022 07:37 WIB

Al Azhar Seleksi Qari untuk Dikirim ke Luar Negeri Saat Ramadhan

Al Azhar kirim qari terbaiknya ke berbagai negara di bulan suci Ramadhan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
(ilustrasi) kompleks Universitas al-Azhar Kairo
Foto: tangkapan layar google
(ilustrasi) kompleks Universitas al-Azhar Kairo

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO — Pusat Islam Al Azhar Kairo Mesir akan kembali mengirimkan para qari terbaiknya ke berbagai negara pada bulan suci Ramadhan. Seperti dilansir iqna.ir pada Kamis (10/3) Al Azhar telah memulai proses penyeleksian para qari yang nantinya akan berdakwah ke berbagai negara selama Ramadhan. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya proses seleksi dilakukan Sya'ban dan para qari diberangkatkan pada Ramadhan. Para qari yang bersedia diberangkatkan ke berbagai negara terlebih dulu akan diberikan ujian tertulis.

Baca Juga

Mereka yang mendapat nilai baik akan lanjut pada proses seleksi berikutnya yakni ujian lisan. Para qari nantinya akan di wawancara oleh panitia seleksi tentang berbagai hal. 

Pejabat Al Azhar, Nazir Ibad mengatakan bahwa panitia seleksi terdiri dari ahli Alquran dan para ulama dari Al Azhar. Menurut Ibad dalam proses seleksi tersebut bertujuan untuk memilih para qari yang berkualitas yang diperlukan untuk mensyiarkan dakwah Islam ketika dikirim ke luar negeri melalui pendekatan-pendekatan moderat. 

Ibad menjelaskan bahwa para qari yang dikirim ke negara lain harus mempromosikan nilai-nilai toleransi, dialog, dan menghormati pandangan yang berlawanan serta hidup berdampingan dengan damai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement