Ahad 20 Feb 2022 04:10 WIB

Dokter Ingatkan untuk Tidak Keluar Rumah dengan Rambut Basah

Konon, keluar rumah saat cuaca dingin dengan rambut basah bisa bikin selesma.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Rambut basah (Ilustrasi). Keluar rumah dengan rambut basah ketika cuaca dingin bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh. Itu bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah.
Foto: EPA
Rambut basah (Ilustrasi). Keluar rumah dengan rambut basah ketika cuaca dingin bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh. Itu bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang meyakini bahwa keluar rumah saat cuaca dingin dengan rambut basah setelah keramas bisa memicu selesma. Bagaimana pendapat ahli kesehatan?

Dikutip dari Cleveland Clinic, spesialis kedokteran keluarga Matthew Goldman MD menjelaskan bahwa selesma disebabkan oleh infeksi virus flu biasa yang diperkirakan ada lebih dari 200 varian. Ia memaparkan, suhu udara yang lebih dingin adalah lingkungan yang lebih baik bagi virus, seperti rhinovirus yang merupakan penyebab paling umum dari selesma, untuk menyebar di udara.

Baca Juga

Selain itu, menurut direktur Enzymatic, Kristoffer Ahlerup, keluar rumah dengan rambut basah ketika cuaca dingin bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh. Itu bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

"Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, virus bisa mudah masuk, jadi saran saya, hindari keluar rumah dalam kondisi rambut basah ketika cuaca dingin," kata Ahlerup, seperti dilansir The Sun, Sabtu (19/2/2022).

 

Virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) yang masih beredar juga memperumit masyarakat dalam mengidentifikasi selesma atau Covid-19. Apalagi, infeksi varian omicron gejalanya lebih ringan dan kebanyakan orang menderita gejala mirip flu.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris mencatat, gejala flu biasa umumnya berlangsung selama satu hingga dua pekan. Jika gejala masih berlangsung sampai pekan ketiga, penderita disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement