Jumat 31 Dec 2021 07:07 WIB

Telegram Lakukan Pembaruan, di Antaranya Teks Tersembunyi

Di antara fitur-fitur terbaru adalah teks tersembunyi untuk menutupi spoiler.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Mas Alamil Huda
Sebelum tahun 2021 berakhir, Telegram melakukan pembaruan. Di antara fitur-fitur terbaru adalah teks tersembunyi untuk menutupi spoiler. Foto: Ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Telegram.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Sebelum tahun 2021 berakhir, Telegram melakukan pembaruan. Di antara fitur-fitur terbaru adalah teks tersembunyi untuk menutupi spoiler. Foto: Ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Telegram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebelum tahun 2021 berakhir, Telegram melakukan pembaruan. Di antara fitur-fitur terbaru adalah teks tersembunyi untuk menutupi spoiler.

Jika Anda tidak sabar untuk menceritakan tentang film 'Spider Man: No Way Home', Anda dapat memilih bagian dari teks dengan pemformatan spoiler. Fitur tersebut akan menyembunyikan teks dalam obrolan, pemberitahuan, dan daftar obrolan.

Baca Juga

Selain fitur teks tersembunyi, ada juga reaksi gaya iMessage. Anda dapat mengetuk dua kali pesan apa pun untuk mengirim reaksi acungan jempol.

Mengetuk sekali dan menahan akan memungkinkan Anda memilih emoji lain, seperti seringai, api, wajah terkejut, atau jempol. Anda dapat mengubah emoji ketuk dua kali default di Pengaturan Obrolan di Android dan di bawah bagian Stiker dan Emoji di pengaturan iOS.

Dalam obrolan pribadi, reaksi selalu diaktifkan. Admin grup dapat memutuskan apakah akan mengaktifkannya dan reaksi apa yang dapat dipilih anggota lain.

Telegram sekarang juga memiliki opsi terjemahan yang berguna. Melalui bagian Bahasa di Pengaturan, Anda dapat mengaktifkan terjemahan yang menambahkan tombol Terjemahkan ke menu konteks. Anda dapat mengubah bahasa yang dapat Anda pahami dan tombol Terjemahkan tidak akan tersedia pada pesan yang Anda terima dalam bahasa tersebut.

Terjemahan tersedia di semua perangkat Android, tetapi pengguna iPhone dan iPad harus menjalankan iOS 15 atau lebih baru. Jumlah bahasa yang didukung Telegram tergantung pada sistem operasi Anda.

Selain itu, pengguna dapat membuat kode QR untuk siapa saja dengan nama pengguna publik, bot, grup, dan saluran. Anda dapat mengetuk ikon kode QR di sebelah nama pengguna dan memilih warna dan pola sebelum membagikannya ke tempat lain. Anda dapat menemukan kode QR Anda sendiri di Pengaturan.

Dilansir Engadget, Jumat (31/12), tim Telegram mendesain ulang menu konteks di macOS dengan petunjuk pintasan baru dan ikon animasi. Aplikasi akan menampilkan efek layar penuh dalam obrolan satu lawan satu saat Anda mengirim emoji tertentu juga.

Awal tahun ini, Telegram menambahkan panggilan video grup dan fitur lainnya, termasuk cara untuk memblokir orang lain dalam obrolan grup dari mengambil tangkapan layar dan menyimpan media bersama, serta streaming langsung. Namun, ada beberapa pukulan balik terhadap Telegram tahun ini dengan laporan menunjukkan ada peningkatan signifikan dalam tingkat aktivitas kejahatan dunia maya yang terjadi pada aplikasi perpesanan terenkripsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement