Kamis 25 Nov 2021 15:27 WIB

Tanda Gula Darah Tinggi di Bawah Ketiak

Area kulit menghitam di bawah ketiak bisa jadi indikator awal diabetes tipe 2.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda peringatan gula darah tinggi di ketiak (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda peringatan gula darah tinggi di ketiak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Coba lihat di bawah ketiak, apakah ada area kulit yang menghitam? Jika iya, itu bisa menjadi indikator awal diabetes tipe 2. Ini karena kondisi yang disebut acanthosis nigricans

Sebuah badan amal di Inggris, Diabetes UK, menegaskan bahwa acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang relatif umum yang merupakan salah satu gejala diabetes. Area gelap yang khas muncul di sekitar lipatan kulit di ketiak, leher, selangkangan, dan persendian pada jari tangan atau kaki.

Baca Juga

"Selain menjadi lebih gelap, kulit mungkin terasa kasar atau beludru dan kulit mungkin gatal atau berbau," ujar badan amal itu seperti dilansir di laman Express, Kamis (25/11).

Acanthosis nigricans juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti kegemukan dan fungsi tiroid kurang aktif. Bisa juga karena menggunakan kortikosteroid atau kontrasepsi oral. Bisa pula karena tumor yang mempengaruhi organ dalam.

 

Ada gejala diabetes lain yang harus diwaspadai, yang dapat meliputi rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, meningkatnya rasa lapar, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan, penglihatan kabur, luka yang lambat sembuh, infeksi yang sering terjadi serta mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki. Mayo Clinic mengatakan, diabetes tipe 2 terutama merupakan hasil dari dua masalah yang saling terkait. Pertama, sel-sel di otot, lemak, dan hati menjadi resisten terhadap insulin, yang berarti mereka tidak mengambil gula (yaitu) glukosa.

Kedua, pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah. Kerusakan tubuh dari penggunaan glukosa dapat menyebabkan gangguan peredaran darah, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan diabetes tipe 2, diagnosis dini sangat penting.

Jika Anda menduga diri Anda mungkin menderita gejala diabetes, buatlah janji dengan dokter Anda sesegera mungkin. Setelah berbicara dengan dokter, Anda dapat mendiskusikan kekhawatiran dan tes darah untuk kadar gula darah dapat diatur.

Insulin adalah hormon yang disekresikan dari pankreas. Perannya adalah mengatur bagaimana tubuh memproses gula dengan berbagai cara. Misalnya, gula dalam aliran darah memicu pankreas untuk mengeluarkan insulin yang kemudian beredar di aliran darah.

Insulin dalam aliran darah dimaksudkan untuk memungkinkan gula masuk ke dalam sel sehingga mengurangi jumlah gula dalam darah.

Menanggapi penurunan kadar gula darah, pankreas melepaskan lebih sedikit insulin. Bagi penderita diabetes, bagaimanapun, gula darah terus meningkat karena tidak dapat masuk ke dalam sel.

Baca juga : Peringatan Serius Diabetes Tersembunyi di Jempol Kaki

Sebagai responsnya, pankreas akan terus menerus mengeluarkan insulin, meskipun hormon tersebut tidak bekerja. Pankreas kemudian bisa lelah, sampai tidak lagi melepaskan insulin sama sekali, itulah sebabnya beberapa penderita diabetes memerlukan suntikan insulin.

Ada faktor risiko tertentu untuk mengembangkan diabetes tipe 2, seperti kelebihan berat badan dan memiliki lemak yang tersimpan di perut, bukan di pinggul dan paha. Memimpin gaya hidup yang tidak banyak bergerak juga dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes, seperti halnya riwayat keluarga dengan kondisi tersebut.

Risiko diabetes juga meningkat seiring bertambahnya usia, terutama di atas usia 45 tahun, serta mereka yang memiliki sindrom ovarium polikistik. Faktor risiko lain termasuk pra-diabetes dan kadar trigliserida yang tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement