Jumat 19 Nov 2021 01:13 WIB

Hormati Pejuang, Sinergi Foundation Santuni Veteran

Pemua pejuang perlu mendapatkan apresiasi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Sinergi Foundation memberikan santunan tali kasih kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bandung.
Foto: Istimewa
Sinergi Foundation memberikan santunan tali kasih kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk mengenang dan menghormati jasa pahlawan, Sinergi Foundation memberikan santunan tali kasih kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bandung. Santunan yang diberikan berupa 100 paket berisi sembako.

Menurut CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan, pemberian bantuan pada veteran juga sekaligus sebagai upaya tanggap membantu mereka. Karena kini, sejumlah veteran hidupnya masih di bawah kesejahteraan. 

Padahal, kata dia, melihat semua jasa yang begitu besar untuk membela Tanah Air, semua pejuang perlu mendapatkan apresiasi. "Ini adalah sedikit bentuk kepedulian pada para pahlawan yang berjuang. Meski tentu bantuan ini tidak ada nilainya dibanding pengorbanan para pejuang," ujar Asep, Kamis (18/11).

Asep mengatakan, tanpa jasa para veteran, kemerdekaan Indonesia tak akan bisa diraih. "Paket santunan ini sendiri adalah donasi dari masyarakat peduli. Dan dari kegiatan ini, diharapkan generasi muda bisa memiliki semangat membela negeri seperti veteran," katanya. 

 

Menurut Ketua LVRI Bandung, Patmo (67 tahun),  para veteran kondisinya ada yang memperihatinkan. "Ada yang di usia senjanya masih tidak punya rumah, dan para janda veteran pun banyak yang sangat berkekurangan," katanya.

Menurutnya, para veteran LVRI dulunya berjuang di sejumlah kejadian yang berbeda. Yakni, ada yang jadi pejuang kemerdekaan 1945, pembela Trikora, Dwikora, hingga Seroja. Patmo sendiri saat itu berjuang di Operasi Seroja di Timor-Timur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement