Jumat 29 Oct 2021 17:11 WIB

Sempat Anjlok 50 Persen, Pasar Ban Mulai Bangkit

Pasar otomotif dan pasar ban mulai mengalami pertumbuhan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi ban Bridgestone)
Foto: Wikimedia
(Foto: ilustrasi ban Bridgestone)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi sempat membuat pasar dalam industri ban anjlok signifikan. Kini, seiring dengan pemulihan ekonomi, pasar otomotif dan pasar ban mulai mengalami pertumbuhan.

Head of Corporate Communications & Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia, Arko Kanadianto mengatakan, di tahun 2021 ini, penjualan memang terlihat cukup meningkat dibandingkan tahun 2020.

Baca Juga

"Oleh karena itu, secara target bisnis, Bridgestone Indonesia mengharapkan di tahun 2021 ini kita bisa kembali ke level yang dicapai pada tahun 2019 yaitu kondisi sebelum masa pandemi COVID-19. Meningkatnya kesadaran masyarakat soal protokol kesehatan dan kebijakan diskon pajak kendaraan yang dilakukan pemerintah adalah faktor positif yang turut menyumbang recovery bisnis di tahun 2021 ini," kata Arko Kanadianto kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Ia mengungkap, pandemi sempat memberi dampak signifikan kepada produsen ban. Menurutnya, pada 2020, penurunan pasokan ban kepada pabrikan mobil (OEM) turun hingga hampir 50 persen sejalan dengan menurunnya angka produksi dari pabrikan mobil di tahun 2020.

"Selain itu penurunan penjualan ban juga terjadi pada toko dan bengkel penggantian ban atau replacement market, secara umum rata-rata penjualan turun 20 hingga 25 persen dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Kini, setelah pasar mulai pulih, Bridgestone Indonesia pun mulai merencanakan sejumlah strategi seperti meningkatkan jaringan layanan Bridgestone meliputi outlet resmi serta jaringan toko dan bengkel ban yang menjualan produk-produk Bridgestone.

Untuk Outlet Resmi, saat ini Bridgestone Indonesia memiliki lebih dari 350 outlets yang terdiri dari Toko Model (TOMO), Bridgestone One Stop Service dan Bridgestone Truck Tire Center yang telah tersebar di 30 provinsi di Indonesia.

"Selain melakukan penambahan jaringan layanan, pada tahun depan Bridgestone Indonesia juga berencana untuk meluncurkan produk baru untuk terus menghadirkan ban berkualitas," ujarnya.

Untuk capaian tahun ini sendiri, Bridgestone Indonesia juga berhasil kembali memperluas cakupan ban OEM. Karena, Bridgestone Turanza T005A terpilih oleh Honda sebagai OEM dari mobil terbarunya yakni Honda All New BR-V.

Direktur Sales dan Marketing PT Bridgestone Tire Indonesia, Bangun Istyaji mengatakan, Bridgestone Turanza T005A merupakan produk berkualitas tinggi dari Bridgestone Indonesia yang dikembangkan menggunakan teknologi canggih Bridgestone untuk mendukung performa Honda All New BR-V guna perjalanan yang lebih tenang, aman dan nyaman. Mengusung konsep “Comfort Above All”, Bridgestone Turanza T005A dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan menunjang performa yang ditawarkan oleh Honda All New BR-V.

“Kami sangat bangga dapat kembali dipercaya kedua kalinya oleh Honda di tahun ini setelah Honda City Hatchback RS dan Honda All New BR-V menggunakan produk kami sebagai ban OEM. Kami yakin Bridgestone Turanza T005A akan sangat cocok bagi pengguna Honda All New BR-V karena kenyamanan dan tingkat kebisingan yang rendah yang ditawarkan sehingga membuat pengalaman berkendara menjadi semakin menyenangkan,” ujar Bangun Istyaji.

Bridgestone Turanza T005A sendiri dihadirkan dengan senyawa nano pro-tech yang membuat ban memiliki performa maksimal di kondisi basah dan memiliki jarak pengereman yang lebih baik. Selain itu, ban andalan Bridgestone ini dilengkapi dengan pola telapak yang dapat mengurangi kebisingan serta sipes dengan sudut tinggi untuk mengurangi efek benturan ban di jalan sehingga perjalanan tetap nyaman dan tenang.


Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement