Jumat 27 Aug 2021 20:10 WIB

Februari 2022, MotoGP Gelar Tes Pramusim di Mandalika

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika akan digelar 11-13 Februari.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Foto udara Sirkuit Internasional Mandalika untuk MotoGP 2022.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Foto udara Sirkuit Internasional Mandalika untuk MotoGP 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersiap menggelar seri balap MotoGP 2022. Sebelum itu terwujud, Sirkuit Mandalika akan menjadi tempat tes pramusim MotoGP musim depan sebagaimana jadwal pramusim tahun 2022 yang dirilis MotoGP. 

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Jumat (27/8), bakal ada satu tes shake down dan dua tes pramusim yang akan digelar di Sepang dan Mandalika, Februari 2022. Sirkuit Internasional Sepang akan digunakan untuk tes shakedown bagi pembalap uji dan rookie. Tes shakedown merupakan uji coba yang dilakukan oleh pabrikan yang berlaga di MotoGP untuk memeriksa apakah mesin baru yang mereka kembangkan berjalan dengan benar atau tidak. 

Baca Juga

Setelah tes shakedown, Sepang kemudian menjadi lintasan tes pramusim pertama. Setelah itu, tes pramusim kedua akan berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, NTB.  

Sirkuit Mandalika telah masuk di kalender World Superbike sebagai tuan rumah seri penutup pada 12-14 November tahun ini. Sirkuit jalan raya sepanjang 4,3km itu juga diproyeksikan menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun depan.

Dorna selaku operator penyelenggara telah mengajukan jadwal balapan sementara pada putaran pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 kepada FIM. GP Qatar pada 4-6 Maret akan menjadi pembuka Kejuaraan tersebut yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar. 

Untuk kelas Moto2 dan Moto3 hanya akan menjalani satu kali tes pramusim yaitu di Sirkuit de Jerez-Angel Nieto. Pengaturan selanjutnya akan dilakukan pada sehari sebelum tes pramusim digelar.

Berikut jadwal tes pramusim MotoGP:

- Tes Shakedown, Sirkuit Internasional Sepang: 31 Januari – 2 Februari

- Tes di Sirkuit Internasional Sepang: 5 – 6 Februari

- Tes di Sirkuit Internasional Mandalika: 11 – 13 Februari

Jadwal Tes Pramusim Kelas Moto2 dan Moto3 di Sirkuit de Jerez-Angel Nieto.

- Tes Jerez: 22 - 24 Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement