Kamis 12 Aug 2021 09:20 WIB

Saudi Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Main di Ruang Terbuka

Larangan anak-anak memasuki kegiatan rekreasi di tempat tertutup akan berlanjut

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Anak-anak di Arab Saudi kini sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Otoritas kesehatan Arab Saudi telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun.
Foto: SPA
Anak-anak di Arab Saudi kini sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Otoritas kesehatan Arab Saudi telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 12 hingga 18 tahun.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) mengumumkan anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun tidak divaksin Covid-19 dan bisa mengikuti acara atau kegiatan di ruang terbuka. Keputusan ini datang setelah koordinasi dengan Otoritas Kesehatan Masyarakat (Weqaya) dan dalam peran GEA menyelenggarakan acara hiburan sesuai dengan tindakan pencegahan.

Meski begitu, anak-anak tetap harus didampingi orang dewasa yang sudah divaksin, bebas dari gejala Covid-19, status kesehatannya di aplikasi Tawakkalna tidak terinfeksi, dan tidak melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga

GEA mengatakan larangan anak-anak memasuki kegiatan rekreasi yang diadakan di tempat tertutup akan berlanjut. Mereka yang bisa masuk di tempat tertutup hanya mereka yang sudah divaksin, setidaknya satu dosis.

Sebelumnya pihak berwenang telah mengeluarkan keputusan warga yang masuk ke acara hiburan hanya untuk mereka yang kebal. Selain itu kehadiran juga dibatasi hingga 40 persen dari total kapasitas ruang terbuka dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Epidemiolog Saudi, Ahmed Al-Hakawi, mengutip sebuah penelitian di Singapura yang menyimpulkan individu yang sudah divaksin dan terinfeksi varian delta Covid-19 dapat pulih dari virus lebih cepat daripada yang tidak divaksin.

Dia mengatakan penelitian yang dilakukan pada lebih dari 200 orang yang terinfeksi varian di Singapura menemukan pemulihan yang lebih cepat bagi warga yang sudah divaksin membutuhkan periode isolasi yang lebih pendek. Penelitian ini melibatkan 71 orang yang telah divaksinasi penuh dan 130 lainnya tidak.

Dikutip Arab News, Kamis (12/8), Arab Saudi pada Kamis melaporkan sembilan kematian Covid-19 sehingga total kematian 8.366 orang. Selain itu, ada 751 kasus baru dan total orang yang terinfeksi menjadi 535.927 orang.

Dari kasus baru yang tercatat, 147 berada di wilayah Makkah, 111 di Provinsi Timur, 107 di wilayah Riyadh, dan 47 di wilayah Madinah. Kementerian Kesehatan mengatakan 1.389 pasien telah pulih dan meningkatkan jumlah total pemulihan di Kerajaan menjadi 517.379.

Sejauh ini Arab Saudi telah melakukan 26.008.288 tes reaksi berantai polimerase (PCR) dengan 93.481 dilakukan dalam 24 jam terakhir. Pusat pengujian dan pusat perawatan yang didirikan di seluruh negeri telah menangani ratusan ribu orang sejak wabah pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement