Selasa 10 Aug 2021 02:45 WIB

Luhut: Kasus Covid di Jawa-Bali Turun

Wilayah Malang Raya dan Bali masuk pengecualian penurunan kasus.

Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan.
Foto: Dok Kemenko Marinves
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terjadi tren penurunan kasus Covid-19 dan perawatan rumah sakit di sejumlah wilayah aglomerasi Jawa-Bali selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Wilayah Malang Raya dan Bali masuk pengecualian.

"Penurunan kasus dan perawatan rumah sakit juga terjadi di sejumlah aglomerasi di Jawa-Bali, kecuali masih ada masalah di Malang Raya dan juga di Bali. Untuk itu, pemerintah akan segera melakukan intervensi di kedua wilayah ini untuk menurunkan laju penambahan kasus," katanya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin malam.

Baca Juga

Dia menyatakan segera berkunjung ke dua wilayah tersebut untuk bisa memantau langsung kesiapan penanganannya. Pemerintah juga melihat laju penambahan kematian di Jawa-Bali semakin menurun, meskipun ia akui kondisinya masih fluktuatif di masing-masing provinsi.

Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali itu menuturkan pemerintah pun mewaspadai kenaikan mobilitas yang tercermin dari kenaikan Indeks Komposit setelah 26 Juli 2021 terhadap kenaikan kasus konfirmasi ke depannya."Hal ini tentunya akan kami pantau sampai minggu depan mengingat adanya jeda 14 hingga 21 hari dari perubahan indeks komposit terhadap penambahan kasus," ujarnya.

Ia menambahkan dalam penerapan PPKM level 4 dan 3 yang akan dilakukan selama 10-16 Agustus 2021, terdapat 26 kota atau kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3. Menurut dia, hal itu menunjukkan perbaikan kondisi di lapangan yang cukup signifikan.

"Evaluasi tersebut kami lakukan dengan mengeluarkan indikator kematian dalam penilaian karena kami temukan adanya input data yang merupakan akumulasi angka kematian selama beberapa minggu ke belakang, sehingga menimbulkan distorsi dalam penilaian," katanya.

Ia akan membentuk tim khusus untuk menangani wilayah-wilayah yang memiliki lonjakan kasus kematian yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir, seperti dilakukan di DI Yogyakarta."Setelah kami kembali dari Yogyakarta, kita evaluasi angkanya, kita temukan di sana sini yang perlu diperbaiki," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement