Sabtu 20 Feb 2021 09:54 WIB

Simak Tips dari Nicholas Saputra untuk Mengurangi Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap 21 Februari.

Nicholas Saputra.
Foto: ruang guru
Nicholas Saputra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap 21 Februari. Aktor Nicholas Saputra sebagai Duta Belajar Ruangguru membagi tipsnya untuk mengurangi sampah.

Berikut rangkumannya, sebagaimana dikutip dari keterangan yang diterima, Sabtu (20/2).

Baca Juga

Kurangi konsumsi

Salah satu cara dalam mengurangi sampah adalah dengan meminimalkan konsumsi. Semakin besar tingkat konsumsi, maka sampah yang dihasilkan juga semakin besar, apa pun benda yang dikonsumsi.

"Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi sesuatu, tanyakan dirimu apakah kamu dapat mengurangi konsumsi kamu hari ini? Apakah hal yang ingin kamu beli dan konsumsi berlebihan atau tidak?" kata Nicholas.

Bawa dan gunakan tas belanja

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan sampah plastik terbesar di dunia. Kantong plastik umumnya didapatkan saat berbelanja.

Nah, mulailah praktikan membawa dan menggunakan tas belanja sendiri. Bila ini dapat menjadi kebiasaan, maka jumlah sampah yang dihasilkan juga pasti akan berkurang.

Bila mendapatkan kantong plastik, simpan dan gunakan lagi di lain waktu. Simpan kantong plastik tersebut, dan dimaksimalkan penggunaannya agar tidak hanya dipakai sekali saja.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement