Senin 01 Feb 2021 11:02 WIB

Pedagang Pasar Jatinegara Siapkan Fasilitas Prokes

Pedagang Pasar Jatinegara akui omzet berkurang selama pandemi Covid-19.

Seorang pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sedang menjalani sangsi membersihkan area Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/6). Musababnya, ia kedapatan tak menggunakan masker ketika memasuki area pasar.
Foto: Republika/Febryan A
Seorang pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sedang menjalani sangsi membersihkan area Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/6). Musababnya, ia kedapatan tak menggunakan masker ketika memasuki area pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pedagang di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur menyiapkan fasilitas penunjang protokol kesehatan (prokes) untuk pengunjung demi mengurangi rasa takut terhadap penularan Covid-19.

"Saya siapkan tempat cuci tangan berupa galon kecil berisi air bersih dan sabun dalam botol besar air mineral untuk para konsumen agar merasa nyaman dan tenang,"ujar pedagang sate padang di Jalan Gapura Pasar Jatinegara, Irmansyah.

Pada lapak berukuran sekitar 2 x 2 meter persegi di bahu jalan itu, Irmansyah juga

sering menyemprot gerobak, meja, dan kursi dengan cairan disinfektan agar steril dari virus maupun kuman. Irwansyah juga patuh terhadap protokol kesehatan untuk menjaga jarak antarpedagang maupun penggunaan masker selama berjualan.

"Selama pandemi ini memang omzet saya berkurang dari biasanya (saat normal) Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta sehari menjadi kurang dari Rp 1 juta per hari," katanya.

Pada Ahad siang, gerobak sate Irmansyah masih menyisakan tidak kurang dari 100 tusuk sate olahan lidah sapi serta bumbu yang masih terisi penuh di dalam panci besar. Pria yang sudah berjualan di Pasar Jatinegara sejak 1990 itu membanderol dagangannya seharga Rp 25 ribu per porsi.

"Tetap saja sepi. Karena konsumen masih pada takut datang ke pasar saat pandemi begini," katanya. Sejumlah pedagang lain di pasar itu, tampak menyediakan fasilitas yang sama di depan lapak-lapak mereka.

Manager Area Pasar Jatinegara pada Perumda Pasar Jaya, Sion Purba, mengatakan, dari total 3.000 pedagang di gedung Pasar Jatinegara saat ini belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sejak Maret 2020 kisaran pedagang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 20 orang. Tapi kasus per hari ini masih nol. Dulu ada yang positif karena kita lakukan tes usap massal," katanya.

Sion mengatakan tingkat okupansi konsumen selama pandemi di pasar yang menjual pakaian, sepatu, aksesoris secara grosir itu relatif rendah. Hal itu disebabkan sejumlah faktor, di antaranya rasa takut konsumen terhadap Covid-19, pembatasan kapasitas tampung pasar hingga kondisi ekonomi masyarakat yang sedang lesu.

"Saat ini, memang kita batasi 50 persen untuk pengunjung di dalam pasar. Kita juga rutin melakukan penelusuran kasus setiap hari. Kalau ada yang positif kita laporkan ke Puskesmas dan ditutup kiosnya selama tiga hari," katanya.

Manajemen pasar juga menyediakan alat tes cepat antigen serta berkoordinasi secara intensif dengan Tim Pemburu Covid-19 untuk dijadwalkan patroli sepekan sekali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement