Kamis 21 Jan 2021 19:03 WIB

Brio Jadi Mobil Paling Laris Sepanjang 2020

Brio mampu menggeser MPV yang selama ini menempati posisi best seller.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Peserta unjuk kebolehan mengendarai honda brio dalam acara seri final Brio Saturday Night Challenge di Kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/12).
Foto: Republika/Prayogi
Peserta unjuk kebolehan mengendarai honda brio dalam acara seri final Brio Saturday Night Challenge di Kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam pasar otomotif Tanah Air, biasanya produk yang jadi model terlaris adalah mobil multi purpose vehicle (MPV). Tapi hal itu ternyata mengalami perubahan pada 2020 karena posisi best seller ditempati oleh produk city car.

Posisi best selling car 2020 itu diraih oleh Honda Brio. PT Honda Prospect Motor (HPM) menutup tahun 2020 dengan mencatat prestasi untuk Honda Brio sebagai model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia pada tahun 2020.

Baca Juga

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan, sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia. Catatan ini lah yang membuat Brio mampu menggeser MPV yang selama ini menempati posisi best seller.

"Total penjualan Honda pada 2020 sendiri adalah sebesar 79.451 unit. Artinya, Brio berkontribusi sebesar 54 persen terhadap penjualan Honda secara keseluruhan," kata Billy dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu..

Secara rinci, penjualan Brio didominasi oleh varian Brio Satya yang terjual sebanyak 31.713 sedangkan Brio RS menyumbang penjualan sebanyak 11.308 unit. Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen low cost green car (LCGC) dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen City Car.

Menurutnya, pencapaian Honda Brio tersebut sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi. Faktor inilah yang dinilai mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

Dari sisi histori produk, Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2013, Honda memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk LCGC berkualitas tinggi dari Honda.

Tak hanya diklaim sebagai produk ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya yang diproduksi di Indonesia dengan local content sebesar 89 persen ini juga didukung mesin i-VTEC SOHC 1,2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement