Senin 11 Jan 2021 12:29 WIB

Pemulihan Pasar Otomotif Bisa Berjalan Cepat

Penjualan pada triwulan ketiga tahun ini diprediksi sudah kembali normal.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pegawai menawarkan mobil di pusat perbelanjaan, Jakarta, Ahad (24/6).
Foto: Republika/ Wihdan
Pegawai menawarkan mobil di pusat perbelanjaan, Jakarta, Ahad (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejumlah pabrikan otomotif meyakini tahun ini merupakan periode pemulihan pasar. Mengingat, sejumlah indikator baik itu indikator pada akhir 2020 dan indikator prediksi pada tahun ini menunjukan arah yang positif.

Bahkan, Pengamat Otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, pemulihan pasar otomotif Tanah Air pada tahun ini bisa berjalan dengan lebih cepat.

Baca Juga

Ia menilai, penjualan kendaraan bermotor baru akan tumbuh normal ketika pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai lebih dari 5,6 persen. Saat ini, Bank Indonesia telah memprediksi pada 2021 ekonomi Indonesia meningkat menjadi 4,8 hingga 5,8 persen.

"Artinya, di triwulan ketiga dan empat diprediksi penjualan kendaraan bermotor akan mulai memasuki fase normalnya kembali. Apalagi, kini sejumlah masyarakat juga mulai tertarik pada mobil listrik yang otomatis juga jadi instrumen perangsang pasar otomotif Tanah Air," kata Yannes kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Mengingat, lanjut dia, preferensi konsumen otomotif di tahun 2021 akan ditandai dengan hal yang baru beriringan dengan semakin gencarnya pemerintah dalam mempromosikan kendaraan listrik. Kemudian, hal ini juga dilanjutkan dengan semakin banyaknya kendaraan listrik roda dua dan roda empat yang ditawarkan kepada masyarakat.

"Hal ini akan menjadi unsur penarik minat bagi kelompok masyarakat yang keuangannya tidak terganggu akibat pandemi. Tak heran, kelompok masyarakat ini tentu akan sangat tertarik untuk memiliki kendaraan dengan platform teknologi yang benar-benar baru dan impresif ini," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement