Jumat 03 Jul 2020 05:10 WIB

Hagia Sophia: Gereja, Masjid, Museum, dan Taktik Erdogan

Hagia Sophia pernah menjadi gereja, masjid, dan museum.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Hagia Sophia: Gereja, Masjid, Museum, dan Politik Erdogan. Foto: Hagia Sophia, Istanbul, Turki.
Foto: Wikimedia
Hagia Sophia: Gereja, Masjid, Museum, dan Politik Erdogan. Foto: Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Wacana menjadikan kembali Hagia Sophia sebagai masjid kembali menjadi perbincangan masyarakat global. Hagia Sophia yang merupakan museum itu memang memiliki latar belakang sejarah yang panjang, yakni pernah menjadi gereja dan pernah menjadi masjid.

Dilansir dari Aljazeera, Kamis (2/7), dari simbol susunan Kristen setelah didirikan oleh Kaisar Bizantium Justinian I pada abad ke-6, hingga lambang pengaruh luas Kekaisaran Ottoman Muslim, Hagia Sophia telah menjadi jantung dari pertempuran ideologis dan politik berabad-abad yang lalu.

Baca Juga

Setelah Fatih Sultan Mehmed II menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1453 dan membawa kota yang kemudian dikenal sebagai Istanbul ke dalam jajaran Islam, ia mengubah Hagia Sophia dari katedral menjadi masjid.

Selama ratusan tahun, jamaah Muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong ke permata arsitektur berwarna merah kota untuk melakukan doa sehari-hari saat berdiri dengan kubah abu-abu yang mengesankan dan menara yang menjulang tinggi. Tetapi pada awal 1930-an, Pendiri Republik TUrki Mustafa Kemal Ataturk,  menutup masjid dan mengubah bangunan itu menjadi museum sebagai bagian dari upayanya untuk mensekulerkan dan memodernisasi negara.

Panggilan untuk mengubah Hagia Sophia, juga dikenal sebagai Ayasofya, kembali ke masjid sejak saat itu sedang meningkat. Tumbuh lebih tajam dalam beberapa tahun terakhir, permintaan sebagian besar datang dari konstituensi nasionalis dan nasionalis yang condong ke Turki, banyak dari mereka secara teratur berdemonstrasi di gerbang Hagia Sophia setiap tanggal 29 Mei, hari peringatan penaklukan Konstantinopel oleh Ottoman.

Namun seruan semacam itu telah ditentang keras oleh Yunani dan Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa situs warisan yang diakui oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sejak 1985 itu harus tetap menjadi museum. Hal itu sebagai langkah untuk menghormati minoritas Kristen di negara itu dan sejarah dunia.

photo
Hagia Sophia, salah satu peninggalan Kesultanan Utsmani. Dari gereja menjadi masjid, dan kini jadi museum. - (hagiasophia.com)

Aura legitimasi

Pada hari Kamis (2/7), Dewan Negara Turki, pengadilan tertinggi di negara itu, ditetapkan untuk memutuskan status Hagia Sophia setelah petisi oleh asosiasi swasta untuk memeriksa validitas dekrit 1934 Ataturk yang mengubahnya menjadi museum.

Meskipun tuntutan hukum sebelumnya untuk mengubah status museum telah gagal, anggota parlemen mengatakan keputusan pengadilan hanya simbolis. "Keputusan pengadilan yang menguntungkan dapat memberikan aura legitimasi untuk konversi museum menjadi masjid, tetapi itu bukan prasyarat," kata Direktur Senior Program Turki di Yayasan Pertahanan Demokrasi dan mantan anggota parlemen, Aykan Erdemir.

Mantan anggota parlemen Turki menambahkan bahwa pendapat Presiden Recep Tayyip Erdogan tentang masalah ini. Di sisi lain pendapat tersebut adalah kunci untuk status akhir bangunan.

Seorang Anggota Independen Parlemen Turki dan mantan duta besar, Ozturk Yilmaz juga menyetujui langkah tersebut. "Ini bukan masalah hukum. Jika pemerintah ingin mengubah museum menjadi masjid, itu hanya memerlukan dekrit presiden. Putusan pengadilan tinggi hanya menambah legitimasi," kata dia.

Taktik politik

Meskipun bersimpati pada perjuangan di masa mudanya, Erdogan sebagian besar tetap diam pada debat publik tentang status Hagia Sophia sejak ia mulai menjabat 18 tahun yang lalu. Dia bahkan dengan diam-diam menentang seruan pada satu kesempatan, mengatakan pada para advokat untuk mengisi Masjid Biru yang dibangun Ottoman sebagai gantinya.

Tetapi sejak 2019, retorikanya telah berubah. Erdogan secara terbuka mendukung konversi dua kali. Pertama kali terjadi tepat sebelum pemilihan kota pada bulan Maret 2019 ketika kekhawatiran tinggi bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa akan kehilangan Istanbul dari oposisi Ekrem Imamoglu yang sekarang menjadi wali kota ibukota budaya Turki.

Erdogan mengatakan kepada para pendukungnya pada saat itu bahwa ia merencanakan konversi sebagai tanggapan atas pengakuan Presiden AS Donald Trump tentang langkah Israel untuk menjadikan Yerusalem ibu kota.

Pengamat melihat pengesahan Erdogan baru-baru ini sebagai taktik politik untuk mengalihkan perhatian dari melemahnya ekonomi negara itu, pandemi coronavirus dan dukungan rakyatnya yang semakin berkurang.

"Waktu dari dua seruan ini menunjukkan hubungan yang kuat antara pertimbangan politik domestik dan instrumentalisasi Hagia Sophia," kata Erdemir kepada Al Jazeera.

Erdogan muncul di layar lebar di Haiga Sophia untuk menyampaikan pidato virtual pada 29 Mei sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-576 penangkapan Ottoman di Istanbul.

Pada bulan yang sama, ia memarahi kemarahan Yunani atas kemungkinan perubahan dalam sebuah wawancara televisi.  "Mereka berani memberitahu kami untuk tidak mengubah Hagia Sophia menjadi masjid. Apakah Anda memerintah Turki, atau kita?" kata Erdogan saat itu.

Membingkai masalah ini sebagai masalah kedaulatan nasional, para advokat telah mengumpulkan dukungan luas di antara mayoritas orang Turki, yang terlepas dari pendapat ideologis mereka melihat status bangunan sebagai urusan domestik murni.

"Keputusan ini adalah masalah nasional. Pemain internasional tidak boleh terlibat," kata mantan Anggota Oposisi Utama Partai Rakyat Republik (CHP) Turki, yang didirikan sebagai partai pro-sekuler oleh Ataturk, Yilmaz.

Lebih lanjut menyalakan sentimen nasional, Erdogan dilaporkan telah menginstruksikan dewan penasihatnya untuk mengadakan doa pertama di Hagia Sophia pada 15 Juli untuk memperingati peringatan empat tahun tahun 2016 dari upaya kudeta yang gagal terhadap pemerintahnya sendiri.

photo
Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Foto file-Anadolu Agency) - (Anadolu Agency)

Bukan kontroversi rumah tangga

Bagi Hamdi Arslan, seorang akademisi Turki dan pendukung lama masalah ini, Hagia Sophia memiliki makna religius dan simbolis. Dia mengenang kembali saat-saat ia berdemonstrasi bersama Erdogan di pintu gerbang pada 1970-an.

"Selama 50 tahun, saya sudah menunggu belenggu di sekitar Hagia Sophia untuk dihapus dan identitas aslinya sebagai masjid dipulihkan. Kami tidak akan menyerah pada itu," katanya.

Menurut seorang spesialis Tukey dan sesama di Robert Bosch Academy, Galip Dalay, langkah potensial itu tidak kontroversial di dalam negeri, tetapi lebih pada panggung internasional.

"Kontroversi itu tidak ada di dalam Turki, tetapi antara Ankara dan Uni Eropa, Yunani atau bahkan Amerika Serikat. Tidak ada partai politik yang menentang gagasan untuk membuka Hagia Sophia sebagai masjid," kata Galip.

Dia menilai hal itu karena sebagian besar pihak mendukung langkah ini atau mereka tidak ingin memberi Erdogan alat lain untuk mempolarisasi masyarakat karena mereka tahu mayoritas orang Turki mendukungnya.

Target mudah

Juru Bicara Partai Oposisi Utama Turki (CHP), Faik Ozturk, memperingatkan Erdogan bulan lalu agar tidak mengeksploitasi langkah itu. Sementara oposisi Turki dan kelompok-kelompok minoritas agama tidak berbicara keras menentangnya. 

Terkait hal ini, Erdemir menjelaskan bahwa hampir tidak mungkin bagi minoritas agama dan konstituen pro-sekuler Turki untuk menentang konversi Hagia Sophia di depan umum karena mereka akan menjadi sasaran empuk tuduhan agama dan nasional dalam narasi pengkhianatan.

Dia menambahkan potensi konversi akan merusak citra Turki di mata dua miliar orang Kristen di seluruh dunia, dan mengkhawatirkan minoritas agama Turki dan konstituen pro-sekuler.

Bulan lalu, kementerian Yunani mengajukan banding ke UNESCO atas keputusan potensial itu, mengklaim langkah seperti itu akan melanggar konvensi internasional.

Kecaman juga datang dari UNESCO sendiri dan duta besar Amerika Serikat, sementara Patriark Ekumenis Bartholomew, yang mewakili dunia Kristen Ortodoks, mengatakan ia sedih dan terguncang oleh kekhawatiran kemungkinan konversi akan menjadi penyebab perpecahan.

Terlepas dari potensi reaksi internasional, Yilmaz, anggota parlemen Turki, pun berpendapat.  "Sudah waktunya untuk pembalikan terjadi sehingga masalah ini tidak lagi dapat dieksploitasi secara politis oleh Erdogan atau siapa pun," kata dia.

photo
Infografis Hagia Sophia yang Megah. - (Republika.co.id)
 
 
Sumber:
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement