Rabu 24 Jun 2020 09:11 WIB

Industri Maritim Perlu Adaptasi Perkembangan Teknologi

Penyelenggaraan angkutan laut semakin sarat dengan teknologi otomasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agus Yulianto
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo.
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo menyoroti, perkembangan teknologi yang juga terjadi pada industri maritim. Khususnya, pada penyelenggaraan angkutan laut yang dulunya konvensional, tapi semakin hari semakin sarat teknologi dan telah mulai dengan teknologi otomasi.

"Hal tersebut menuntut awak kapal dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut termasuk juga para perwira transportasi yang diwisuda pada hari ini," ujar Sugihardjo saat mewisuda 144 orang Perwira Transportasi Laut di lapangan Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/6).

Sugihardjo mengatakan, seluruh perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan lulusan yang tangguh, profesional, mandiri, dan berwawasan global. BPSDMP, kata dia, terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dunia usaha agar para lulusannya dapat terserap di industri transportasi dengan menyinkronkan materi pembelajaran di kampus dengan perkembangan lingkungan strategis dan tuntutan dunia industri.

Sugihardjo mengatakan, BPSDMP memutuskan melaksanakan wisuda secara langsung setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan di area pendidikan. 

Dia mengapresiasi, semua pihak yang terlibat dan berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan di tengah masa pandemi Covid-19 dengan mengadopsi tatanan kehidupan normal baru atau New Normal.

"Wisuda adalah sebuah kebanggaan bagi taruna dan juga keluarga taruna dimana putra-putrinya telah dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan siap untuk bersaing dalam dunia kerja," ucap Sugihardjo.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi wisuda yang biasanya dihadiri langsung oleh para orang tua wisudawan, kata dia, kini dapat disaksikan dari lokasi masing-masing dengan menggunakan live streaming di berbagai platform media sosial yang ada. Wisuda kali ini disiarkan secara langsung melalui akun Youtube dan Instagram yang dikelola oleh PIP Semarang dan BPSDM Perhubungan.

Sugihardjo mendorong, para lulusan tidak hanya menyikapi persoalan dengan cara berpikir yang konvensional, melainkan lebih inovatif termasuk juga tanggap untuk beradaptasi dalam tatanan hidup new normal yang semakin sarat dengan perkembangan teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement