Rabu 17 Jun 2020 11:19 WIB

Legenda Kitab Riyadhush Shalihin

Kitab Riyadush Shalihin merupakan karya Imam Nawawi.

Rep: Irwan Kelana/ Red: Muhammad Hafil
Legenda Kitab Riyadhush Shalihin. Foto: Kitab Riyadh Al-Shalihin karya Imam Nawawi
Foto: blogspot.com
Legenda Kitab Riyadhush Shalihin. Foto: Kitab Riyadh Al-Shalihin karya Imam Nawawi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kitab Riyadhush Shalihin, atau lengkapnya Riyadhush Shalihin min Kalaami Sayyidil Mursalin merupakan salah satu karya terbaik (masterpiece) Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi atau lebih dikenal dengan sapaan Imam an-Nawawi. Kitab ini merupakan karya besar di bidang hadis yang sangat populer di kalangan kaum Muslimin. Ini merupakan kita hadis terlengkap, dan masyhur hingga ke berbagai penjuru dunia.

Mayoritas kaum Muslimin di berbagai belahan dunia menyambut kehadiran Riyadhush Shalihin dengan menerima dan menyongsongnya. Sehingga kitab ini menjadi guru bagi para guru dalam mendidik dan memperbaiki umat. Sampai-sampai dikatakan, "Sedikit sekali rumah kaum Muslimin yang tidak memilikinya."

Baca Juga

Dalam kitab ini, Imam an-Nawawi menyusun hadis-hadis dengan tertib dan mengklasikasikannya secara baik, memberikan harakat pada kata yang samar, dan menjelaskan secara gamblang kata-kata yang tidak dimengerti, sehingga kitab ini menjadi karya yang indah, yang kokoh peletakannya, menjadi kuat sayapnya, telah didudukkan intisarinya, mudah digapai makna bahasanya, dan banyak dikutip  kandungan ilmunya.

Riyadhush Shalihin terdiri dari satu jilid. Imam an-Nawawi membaginya menjadi beberapa kitab dan menjadikan setiap kitab sebagai judul untuk beberapa hadis yang tercakup di beberapa bab yang berasal dari satu jenis. Kemudian ia menjadikan kitab itu beberapa judul. Imam an-Nawawi menjadikan bab sebagai judul untuk sejumlah hadis yang menunjukkan pada masalah tertentu.

Di dalam kitab ini terdapat sembilan belas kitab yang disebutnya secara keseluruhan, selain kitab yang pertama, dan tiga ratus tujuh puluh dua bab. Imam an-Nawawi memulai pembukaan bab-bab dalam Riyadhush Shalihin dengan ayat-ayat al-Qur'an yang sesuai dengan tema bab. Yang demikian itu, karena Sunnah merupakan perinci bagi al-Qur'an yang mulia, sekaligus sebagai penjelas dan keterangan baginya.

Kitab ini, diakui  sangat besar manfaatnya bagi kaum Muslimin, khususnya bagi mereka yang istiqamah  berupaya mencapai kesempurnaan 'ubudiyyah (penghambaan diri kepada Allah). Membaca kitab yang ditulis oleh ulama besar di bidang hadis dan fiqih ini, kaum Muslimin dapat mengambil manfaat melalui risalah tentang berbagai persoalan mendasar yang tercakup di dalam hadis-hadis tentang zuhud, olah jiwa, pembentukan akhlak, penyucian dan penyembuhan hati, pemeliharaan anggota tubuh, dan berbagai upaya pemberantasan penyelewengan, serta tujuan-tujuan mulia lainnya. Lebih jauh lagi, kitab ini memaparkan hadis-hadis fadhilah (keutamaan) waktu dan amal perbuatan, etika secara lahir dan batin, mencakup hukum halal dan haram, pemaduan kabar gembira dan ancaman, serta adab para saalikiin, yaitu orang-orang yang senantiasa menuju keredhaan Allah SWT.

Para ulama dan penuntut ilmu telah mengambil bagian dari kitab ini dengan mempelajari dan mengajarkannya. Banyak ulama yang telah berperan mengupayakan perbaikan, telah ikut memberikan dukungannya, demikian pula kendaraan-kendaraan mereka yang menginginkan kemenangan, bergegas dan bersungguh-sungguh mendatanginya; mereka mendatangi sumbernya yang jernih, menghirup harumnya yang semerbak.

Di antara mereka ada yang meringkas dan membersihkannya dari hal-hal yang dirasa kurang penting, ada pula yang meneliti dan mendekatkannya agar mudah dipahami, serta ada pula yang menjelaskannya secara rinci. Ada  empat syarah (ringkasan) kitab Riyadhush Shalihin yang sudah terbit sebelumnya. Yakni, Daliilul Faalihiin li Thuruqi Riyaadhish Shaalihiin karya Muhammad bin 'Allan ash-Shiddiqi asy-Syafi'i al-Asya'ari al-Makki (wafat 1057 H), dan Nuzhatul Muttaqiin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Mushthafa Sa'id al-Khan, Mushtafa al-Bugha, Muhyiddin Mustu, 'Ali asy-Syarbaji dan Muhammad Amin Luthfi. Juga, Manhalul Waaridiin Syarh Riyaadhush Shaalihiin karya Shubhi ash-Shalih, dan Daliilur Raaghibiin ilaa Riyaadhush Shaalihiin karya Faruq Hamadah. Semua kitab tersebut merupakan syarah kontemporer.

Yang terbaru adalah Bahjatun Naazhiriin fii Syarhi Riyaadhush Shaalihiin yang ditulis dengan cermat oleh Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali. Kitab inilah yang diindonesiakan dan diterbitkan  oleh Pustaka Imam asy-Syafi'i dengan judul Syarah Riyadhush Shalihin. Buku yang penerjemahan ke dalam bahasan Indonesia dan penerbitannya oleh Pustaka Imam Asy-Syafi'i mendapatkan izin resmi dari Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali ini diterbitkan dalam lima jilid.

Penulis menjelaskan bahwa penulisan syarah kitab Riyadhush Shalihin merupakan upaya perbaikan  terhadap karya besar Imam an-Nawawi tersebut. Sebagai upaya memperbaiki kitab tersebut, penulis telah berusaha dengan seksama untuk mengkritisi  beberapa dalil atau hadis yang lemah seraya memberikan penjelasan  yang cukup memadai.

Apa yang dilakukan penulis ini  sesuai dengan harapan Imam an-Nawawi sebagai tersebut dalam pendahuluannya yang berkata, "Saya mengharuskan pada kitab ini (Riyadhush Shalihin) untuk tidak menyebutkan, melainkan hanya hadis shahih saja, yang disandarkan pada kitab-kitab shahih yang terkenal."

Ada hal lain, tegas Syaikh Salim, yakni bahwa memahami dan mendalami Alquran dan Sunah Rasul, serta menyesuaikannya dengan pemahaman kaum Salaf, merupakan bentuk ketaatan yang paling utama dan ibadah yang sangat penting, bahkan merupakan nikmat yang sangat agung.

Syaikh Salim menambahkan, ia terdorong menerbitkan kitab syarah ini karena kitab Riyadhush Shalihin sangat layak dibaca oleh kaum Muslimin. Dengan adanya syarah tersebut, diharapkan kaum Muslimin memahami dan mendapat manfaat dari isi kandungan hadis-hadis tersebut dengan jelas dan benar, khususnya yang menghendaki kesempurnaan 'ubudiyyah dan yang membutuhkan jalan menuju kebaikan serta terhindar dari segala keburukan dan kebinasaan di dunia dan akhirat.

Riyadhush Shalihin merupakan kitab yang sangat monumental. Kitab ini akan sangat berguna bagi kaum Muslimin bila mereka berupaya bersungguh-sungguh dalam menelaah hadis-hadisnya, memahami kandungan isinya dan menghayati ajarannya, serta merealisasikannya dalam kehidupan nyata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement