Jumat 15 May 2020 15:25 WIB

Lima Kabupaten di Lampung Minus Covid-19

Kota Bandar Lampung telah masuk dalam zona merah.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona.
Foto: MgIT03
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung, masih tersisa lima kabupaten yang belum terpapar penyebaran virus corona atau Covid-19 hingga Kamis (7/5). Terakhir, Kota Metro yang tadinya minus pasien positif, pada Rabu (6/5), sudah terdapat satu orang pasien positif Covid-19.

"Setelah Kota Metro terdapat seorang positif terkonfirmasi Covid-19, jadi tersisa lima kabupaten lagi (di Lampung) yang masih aman," kata Jurus Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana kepada wartawan, Kamis (7/6).

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kamis (7/5), lima kabupaten yang masih minus terpapar Covid-19 di Lampung yakni  Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat,  Lampung Timur, Tulangbawang, dan Mesuji. Sedangkan Kota Metro, yang tadinya minus terdapat seorang pasien positif Covid-19 pada Rabu (6/).

Dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung, jumlah pasien terpapar pasien positif Covid-19 terbanyak terdapat di Kota Bandar Lampung (29 orang), Kabupaten lampung Selatan (10 orang), Lampung Tengah (4 orang), Tulangbawang Barat (4 orang), Lampung Barat (4 orang), Lampung Utara (4 orang), Waykanan (3 orang), Pesawaran (3 orang), dan Pringsewu (1 orang).

Sedangkan secara keseluruhan total Covid-19 Provinsi Lampung pada Kamis (7/6), jumlah ODP 3.008 orang, masih dipantau 14 hari 205 orang, selesai dipantau 2.802 orang, dan ODP meninggal dunia 1 orang. Jumlah PDP 85 orang, masih dirawat 19 orang, sembuh, pulang, negatif 53 orang, dan PDP meninggal dunia 13 orang.

Sementara pasien positif Covid-19 di Lampung berjumlah 63 orang, masih dirawat/diisolasi 40 orang, sudah sembuh dan sebagian sudah pulang 18 orang, dan meninggal dunia 5 orang.  

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan, Kota Bandar Lampung telah masuk dalam zona merah, meskipun belum terdapat penularan pasien melalui transmisi lokal. Gugus Tugas Covid-19 memfokuskan ada 14 kecamatan yang menjadi prioritas dalam penanganan penyebaran virus corona tersebut. "Ada 14 kecamatan prioritas lebih fokus penanganan Covid-19, karena ada pasien konfirmasi positif, bahkan di satu kecamatan ada lima  orang pasien positif," kata Reihana.

Ia berharap masyarakat yang berada di Kota Bandar Lampung untuk tetap mengikuti protokol kesehatan diantaranya, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, diam di rumah, dan menghindari perkumpulan orang lebih dari lima orang. "Disiplin menjaga jarak dan menghindar perkumpulan dan jangan panik, menjadi penting untuk memutus rantai penyebaran virus corona," ujarnya. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement