Lagu 'Di Rumah Saja' Bimbo di Awal Ramadhan Kali Ini

Red: Muhammad Subarkah

Rabu 29 Apr 2020 15:09 WIB

Bimbo. Foto: google.com Bimbo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah awal bulan lalu meluncurkan lagu bertajuk Corona sebagai tanda terima kasih kepada para medis dan pekerja yang  terkait penanggulangan pandemi virus asal Wuhan China, kali ini grup musik legendaris kugiran Bandung, meluncurkan single lagu  barunya lagu itu. Lagu itu bertajuk: ‘Di rumah saja’.

‘’Lagu ini idenya dari perbincangan bersama 'uda' DR Effebdy Gazali, pakar komunikasi UI. Kala itu dalam sebuah perbicangan dia ngomong ke kami, Kang Corona ini kayaknya akan lama. Bikin lagu lagi soal itu,’’ kata Sam Bimbo (Raden Muhamad Samsudin Dajat Hardjakusumah), ketika dihubungi Republika, siang ini (29/4).

Syam menegaskan bila lagu ‘Di Rumah Saja’ itu  memang telah diluncurkan bersama acara talk show televisi yang digawangi Karni Ilyas, Selasa malam lalu (28/4).’’Yang menulis syairnya itu mantan pacar saya, yakni isteri,’’ kata sembari tertawa lepas.

‘’Dengan lagu ini, kami berharap agar masyarakat  mau menuruti himbaun agar tetap di rumah saja. Jangan sibuk ke sana-kemari kalau tidak ada keperluan sangat mendesak. Sayangilah diri dan keluarga,’’ ujarnya lagi.

Dalam lagu ini, lanjutnya, juga disinggung soal mudik. Masyarakat pun dihimbau dengan kesadarannya sendiri mentaati anjuran ini. Tujuannya jelas bila  tidak mudik itu berati tidak membantu menularkan pandemi virus Corona di kampung-kampung.

‘’Kalau itu sampai terjadi pasti membuat kita kewalahan. Tenaga paramedis dan tempat perawatan tidak akan memadai. Ini akan sedih sekali. Jadi mohon jangan mudik dahulu di Ramadhan dan lebaran kali ini,’’ ujar Syam.

Memang, ungkapnya, Bimbo sangat berharap bila dengan datangnya Lebaran dan usainya bulan Ramadhan, pandemi virus Corona juga bisa berakhir.’’Saya mah kasihan sama rakyat mosok tidak bisa mudik di lebaran nanti. Nah, mudah-mudahan itu tidak terjadi karena nanti di lebaran pandemi corona sudah tak ada lagi.  Nah, untuk sampai ke situasi itu, maka kami berharap masyarakat sekarang berdiam  di rumah saja dulu,’’ harapnya.

Bagi Bimbo dengan diluncurkannya lagu ‘Di rumah Saja’ itu kian menegaskan bahwa grup ini memang identik dengan suasana Ramadhan. Sebelum ada 'geger' virus Corona lagu-lagu religi Bimbo selalu terdengar di berbagai tempat dari mall, radio, hingga televisi. Apa yang dulu cita-citakan Bimbo pada awal tahun 1970-anyang  ingin membuat lagu-lagu abadi untuk menyemarakkan Ramadhan, lebaran, atau perayaan hari besar Islam kini sudah terwujud. Lagu itu di antaranya, 'Tuhan', 'Ada Anak Bertanya', 'Sajadah Panjang', 'Balada 25 Nabi dan Rasul', dan lainnya.

Di rumah saja, buka puasa

Di rumah saja, kita tarawih

Di rumah saja, rutin tadarus

Di rumah saja, ibadah kita

Musibah datang, bawa bencana

Umat manusia, berwajah duka

Berbaik sangka, solat berdoa

Semoga Allah mengabulkannya

Bersihkan hati

Bersihkan diri

Ikhlas dan sabar

Mau lebaran

Janganlah mudik

Jangan mudik dulu

Buka puasa di rumah saja

Kita tarawih di rumah saja

Rutin tadarus di rumah saja

Ibadah kita di rumah saja

Buka puasa di rumah saja

Kita tarawih di rumah saja

Rutin tadarus di rumah saja

Ibadah kita di rumah saja

 

Terpopuler