Rabu 01 Apr 2020 13:02 WIB

Lokasi Detroit Motor Show Disulap Jadi Rumah Sakit

Detroit membutuhkan tambahan tempat untuk menangani para pasien covid-19.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Evakuasi pasien terpapar virus corona di Amerika Serikat
Foto: VOA
Evakuasi pasien terpapar virus corona di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT--Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang tak luput dari pandemi corona. Hal ini pun membuat Detroit Motor Show tahun ini ditiadakan. Selain demi menekan penyebaran corona, Detroit Motor Show dibatalkan karena lokasi pameran digunakan sebagai rumah sakit darurat.

Dilansir dari Car Advice pada Rabu (1/4), Detroit Motor Show atau yang juga dikenal sebagai North American International Auto Show (NAIAS) ini biasanya digelar di TCF Center, Detroit. Lantaran pameran itu batal digelar maka untuk sementara TCF Center digunakan sebagai rumah sakit untuk penanganan corona.

Baca Juga

Hal ini dilakukan karena Detroit membutuhkan tambahan tempat untuk menangani para pasien covid-19. Oleh karena itu, otoritas kesehatan Detroit pun akan segera meletakan tempat tidur pasien di area seluas 220 ribu meter persegi tersebut. Total, TCF Center akan dilengkapi dengan 900 tempat tidur.

Direktur Eksekutif Detroit Motor Show 2020, Rod Alberts pun mendukung peralihan fungsi dari tempat tersebut. Oleh karena itu, ia pun rela acaranya dibatalkan agar lokasi itu dapat digunakan sebagai rumah sakit darurat.

"Kesehatan dan keselamatan masyarakat Detroit dan Michigan adalah hal yang sangat kami utamakan. TCF Center merupakan lokasi yang ideal untuk digunakan sebagai rumah sakit darurat.," kata Rod Alberts.

Apalagi, persebaran corona di Michigan terbilang cukup mengkhawatirkan. Total, terdapat sekitar 4 ribu orang yang positif corona dan 111 orang meninggal karena virus itu.

Oleh karena itu, Michigan pun memerlukan rumah sakit darurat yang representatif. "Berdasar pertimbangan, dari sekitar 100 lokasi yang ada, TCF Center dinilai jadi tempat yang paling pas," ujarnya.

Soal korban corona di Michigan, beberapa diantaran korban itu sendiri merupakan pegawai Ford dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Bahkan, pandemi ini pun telah membuat pegawai dari kedua pabrikan itu meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement