Jumat 13 Mar 2020 15:43 WIB

Melunasi BPIH Haji Khusus? Ini Penjelasan Marketing Patuna

Pelunasan BPIH haji khusus dimai tanggal 16 Maret.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agus Yulianto
PT Patuna Mekar Jaya mengundang sebanyak 474 jamaah untuk manasik umrah, Ahad (8/3). Pada manasik ini hadir Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim dan Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Ahad (8/3).(Republika/Ali Yusuf )
Foto: Republika/Ali Yusuf
PT Patuna Mekar Jaya mengundang sebanyak 474 jamaah untuk manasik umrah, Ahad (8/3). Pada manasik ini hadir Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim dan Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Ahad (8/3).(Republika/Ali Yusuf )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama sudah menentukan jadwal pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2020. Kemenag menjadwalkan pelunasan BPIH haji regular dimulai tanggal 17 Maret dan pelunasan BPIH haji furoda alias haji khusus tanggal 16 Maret. 

"Insya Allah kita akan memulai pelunasan haji khusus tanggal 16 Maret dan untuk pelunasan haji reguler akan dimulai tanggal 17 Maret," kata Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim, saat memberikan arahan manasik umrah kepada jamaah PT Patuna Mekar Jaya, belum lama ini. 

Bagaimana cara pelunasan haji furoda atau haji Mujamalah? Manajer Marketing PT Patuna Mekar Jaya, Dwi Erna Yanuarti menjelaskan, bagaimana alur pelunasan haji khusus

Pertama seluruh jamaah melakukan pelunasan ke pihak travel yang sudah mendapatkan izin sebagai penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus (PIHK). Pelunasan dilakukan setelah Kementerian Agama mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang pelunasan BPIH.

"Setelah pengumuman dari SK Kemenag perihal jumlah jamaah yang wajib pelunasan , baru pihak travel melakukan pelunasan ke kementrian agama," kata Erna saat dihubungi, Republika Jumat (13/3). 

Erna menuturkan, sebelum melakukan pelunasan tentunya jamaah yang memilih haji khusus harus datang ke kantor PIHK untuk melakukan pendaftaran. Jika datang ke kantor PIHK PT Patuna Mekar Jaya di Jl Panglima Polim No.43 A-B Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, jamah akan diberikan fasilitas pelayanan untuk meeting produk dan registrasi pendaftaran.

"Pendaftaran awal pengisian formulir untuk database aplikasi visa haji mujamalah dan membayar deposit sebesar $ 10.000 perorang," ujarnya.

Setelah itu calon jamaah haji furoda akan diminta tim marketing Patuna menyerahkan dokumen fotocopy KTP, KK, Surat Nikah, Akte Lahir, dan Paspor yang masih berlaku selama delapan bulan sebelum keberangkatan.

"35 hari sebelum keberangkatan, maka jamaah haji furoda wajib memberikan paspor asli dan kartu kuning meningitis," katanya. 

Setelah 14 hari sebelum keberangkatan atau setelah keluar visa, maka jamaah harus melakukan pelunasan sesuai harga paket. Erna menuturkan aplikasi pendaftaran Patuna akan memonitor jalannya proses haji visa furoda lewat aplikasi e-hajj.

"Yang nantinya akan muncul jo barcode yan mempunyai arti visa sudah di setujui," katanya.

Artinya kata Erna, jamaah haji furoda sudah bisa melakukan pelunasan selamat barcode di sistem e-hajj sudah berwarna hijau, yang dalam arti semua sudah aproved dari tim Saudi Makkah dan Madinah serta fasilias Maktab. 

"Sampai dengan belum ada pergerakan warna hijau di sistem e-hajj, maka jamaah haji tidak melakukan peluansan," katanya.

Erna menuturkan, sistem e-hajj haji furoda akan dimulai semenjak 20 Rajab sampai dengan 15 Ramadhan. Sistem imi dapat dikontrol dan di lihat mulai tanggal 15 Ramadhan sampai dengan 10 Dzulqodah. 

Selanjutnya, Erna kembali menyampaikan terkait kegiatan yang harus dilakukan ketika sudah tujuh hari sebelum keberangkatan, jamaah haji khusus Patuna wajib melaksanakan manasik haji. 

Tawaran Paket 

Di PIHK PT Patuna Mekar Jaya ada berapa proda yang dapat dipilih oleh jamaah haji khusus saat melakukan pendaftaran. Di antara beberapa prodak dan fasilitas yang akan ditawarkan tim marketing PT Patuna Mekar Jaya kepada jamaah haji mujamalah atau furoda.

Pertama prodak paket ungu dan hijau. Fasilitasnya hotel bintang 5, Maktab VIP 111. Satu kamar dugunakan untuk dua jamaah selama di hotel dan losment transit.

Kedua prodak paket coklat. Fasilitarnya hotel bintang empat dengan Maktab 111. Satu kamar untuk dua jamaah selama di hotel dan losmen transit. 

Erna menuturkan, setiap paket memiliki program masing-masing. Untuk paket hijau dan coklat perjalanan ibadah haji di Tanah Suci berlangsung selama 28 hari. Rinciannya lima hari di Madinah, sembilan hari Makkah, empat hari losmen transit, dua hari Arafah Muzdalifah, empat hari bolak balik losmen transit Mina, dua hari di Jeddah dan PP perjalanan dua hari. 

Sementara untuk paket ungu selama 17 hari. Rinciannya enam hari tinggal di hotel Makkah, dua hari di Arafah Muzdalifah, empat hari bolak balik hotel Makkah ke Mina, tiga hari di Madinah dan perjalanan dua hari pulang pergi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement