Senin 11 Jul 2016 06:58 WIB

Fernando Santos Buktikan Ucapan Setahun Silam, Portugal Juara Eropa

Fernando Santos
Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Fernando Santos

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Tak sedikit yang menganggap Fernando Santos terlalu optimistis saat baru sebentar  melakoni tugasnya sebagai pelatih Portugal. Hanya setengah tahun menjabat sejak diangkat pada September 2014, Santos dengan terbuka menyatakan ia menetapkan target juara Piala Eropa 2016 untuk Cristiano Ronaldo dkk.

“Saya menetapkan target juara Eropa dan untuk membuat itu mungkin, kami harus menciptakan tim yang bisa hadir di Prancis pada 2016 dengan semua proses kerjanya berjalan dengan sempurna," kata Santos kepada Record dalam wawancara pada awal April 2015.

Ia mengatakan Portugal harus dalam kondisi bagus dan menjadi tim hebat. Sebab pria 61 tahun ini menilai sang juara pada Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014 merupakan tim yang lebih solid dibandingkan pesaingnya.

"Saya selalu mengatakan kami tim. Saya selalu mengatakan kepada mereka bahwa kami punya talenta luar biasa, tapi perlu bertarung lebih dibandingkan lawan-lawan kami, berlari lebih jauh, dan lebih berkonsentrasi dibandingkan mereka," kata Santos dikutip laman UEFA, seusai timnya mengalahkan Prancis 1-0 pada final Piala Eropa, Senin (11/7) dini hari WIB.

Santos bangga memiliki pemain hebat dalam timnya. Ia memuji para penggawa Portugal yang memercayai setiap ucapannya, terutama tentang peluang untuk menjadi juara Eropa.

"Mereka pemain-pemain luar biasa," kata dia.

Baca juga: Griezmann Belum Bisa Nikmati Trofi Sepatu Emas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement