Senin 27 Jun 2016 02:35 WIB

Fabregas Diambang Cetak Rekor Baru di Piala Eropa 2016, Jika...

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: M Akbar
Pemain Timnas Spanyol Cesc Fabregas
Foto: EPA/ANDREAS SCHAAD
Pemain Timnas Spanyol Cesc Fabregas

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Nama gelandang Cesc Fabregas dapat menjadi bagian dalam sejarah Piala Eropa bersama dengan Spanyol. Namun dengan satu syarat, jika ia mencetak skor untuk Spanyol dalam adu penalti di Piala Eropa 2016.

Menurut laporan Give Me Sports, Senin (27/6), Fabregas merupakan salah satu dari 11 pemain yang mencetak gol di dua adu penalti terpisah di turnamen Piala Eropa. Pemain lainnya (yang saat ini sudah gantung sepatu), Zinedine Zidane, Bixente Lizarazu, Youri Djorkaeff, Vincent Guerin dan Laurent Blanc adalah beberapa pemain di antara 11 nama tersebut.

Mereka berhasil mengkonversi tendangan penalti untuk Les Bleus pada dua kesempatan terpisah di Piala Eropa 1999. Prancis mengalahkan Belanda lewat adu penalti sebelum kalah dari Republik Ceska dalam pertandingan semifinal.

Sementara itu, beberapa pemain Timnas Inggris seperti Alan Shearer, Stuart Pearce, David Platt, dan Paul Gascoigne mencetak gol dari titik penalti pada dua kesempatan di Piala Eropa 1996. Dua kesempatan tersebut saat Inggris melawan Spanyol dan Jerman.

Eks pemain Patrick Kluivert pun merupakan satu-satunya nama lain dalam daftar tersebut. Ia mencetak gol dalam adu penalti untuk Belanda di Piala Eropa 1996 dan Piala Eropa 2000.

Namun, semua nama-nama ini bisa segera dihapus dari sejarah ketika Fabregas berhasil mencetak skor untuk Spanyol dalam adu penalti. Gelandang Chelsea ini pernah adu penalti saat melawan Italia pada 2008 dan Portugal pada 2012.

Selain itu, Fabregas dan rekan satu timnya Andres Iniesta bisa memperpanjang rekor lain di Piala Eropa 2016. Fabregas-Iniesta akan membuat rekor baru jika memenangkan 11 pertandingan dengan Spanyol dalam sejarah kompetisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement