Rabu 22 Jun 2016 00:55 WIB

Polandia Dampingi Jerman ke Babak 16 Besar

Red: M Akbar
Pemain Polandia Jakub Blaszczykowski (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol 1-0 ke gawang Ukrainadi Stade Velodrome in Marseille, France, 21 June 2016.
Foto: EPA/GUILLAUME HORCAJUELO
Pemain Polandia Jakub Blaszczykowski (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol 1-0 ke gawang Ukrainadi Stade Velodrome in Marseille, France, 21 June 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, MARSEILLE -- Polandia mengikuti jejak Jerman untuk melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Tiket tersebut dikantungi setelah mengalahkan Ukraina 1-0 pada laga pamungkas Grup C yang digelar di Stade Vélodrome, Rabu (22/6) dini hari WIB.

Tampil dengan penuh percaya diri sejak awal laga, Polandia sebenarnya memiliki sejumlah peluang. Sayangnya usaha itu tak ada yang bisa membuahkan hasil hingga babak pertama berakhir. (Baca: Babak Pertama, Polandia dan Ukraina Skor Kacamata)

Penantian Polandia itu akhirnya baru bisa terjawab setelah laga berjalan 54 menit. Umpan dari Arek Milik berhasil dituntaskan secara gemilang oleh Jakub Błaszczykowski. Selang tiga menit, Polandia nyaris lagi memperbesar keunggulannya. Tapi bola yang diarahkan ke gawang Ukraina masih terlalu melambung di atas mistar.

Ukraina sendiri tak mau dipermalukan begitu saja oleh Polandia. Ini terlihat dari penguasaan bola yang lebih banyak dipegang oleh Ukraina. Namun usaha membongkar pertahanan Polandia masih sulit dilakukan para bomber Ukraina.

Pada menit ke-72, Ukraina sempat memberikan ancaman cukup serius ke wilayah pertahanan Polandia. Bola pantul dari Konoplyanka sempat dimanfaatkan Zinchenko. Sayang, bola tendangan Zinchenko itu masih bergerak liar beberapa sentimeter saja di atas mistar gawang Polandia.

Tujuh menit jelang berakhirnya waktu normal, kiper Polandia Fabianski nyaris saja melakukan blunder. Beruntung, peluang itu belum bisa dimanfaatkan oleh para pemain Ukraina. Hingga peluit panjang ditiup wasit, skor 1-0 buat kemenangan Polandia tetap tidak berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement