Jumat 10 Jun 2016 20:17 WIB

Alex Ferguson Cs Siap 'Menjuri' di Piala Eropa 2016

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Angga Indrawan
Sir Alex Ferguson
Foto: bbc.co.uk
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sebuah tim pengamat teknis Piala Eropa termasuk Sir Alex Ferguson dan Alain Giresse akan mengikuti pertandingan Piala Eropa 2016. Mereka akan mulai bekerja di laga pembukaan antara Prancis dan Rumania di Stade de France, Sabtu (10/6) dini hari WIB.

Sesudah laga, 13 mantan pemain dan pelatih yang dipimpin oleh Kepala Petugas Teknis UEFA Ioan Lupescu menyiapkan laporan teknis terkait gaya yang signifikan dan perkembangan taktis. Selain itu, mereka juga memutuskan sejumlah pemenang yang akan diberi penghargaan bergengsi.

Pengamat teknis tersebut akan memilih beberapa pemain yang memenuhi kriteria seperti keterampilan luar biasa dalam serangan atau pertahanan, keterlibatan tindakan tegas dalam serangan atau pertahanan, kematangan taktis dan efisiensi sepanjang laga, dan sikap menghormati UEFA.

Pun, pengamat teknis akan memilih calon untuk setiap Carlsberg Goal of The Round dan memilih kandidat terbaik pada berbagai turnamen yang menjadi favorit fan. Mereka mulai dengan memilih 10 striker dari babak penyisihan grup.

Lalu mereka akan memilih pemain masing-masing lima dari babak 16 besar, perempat final, dan semifinal. Akhirnya akan ada lima kandidat yang menciptakan gol terbaik ini.

Setelah itu, pengamat teknis juga akan mengungkapkan 10 gol dari permainan terbuka dan lima upaya gol terbaik.

“Pengamat akan bekerja keras untuk menghasilkan laporan teknis dan berharap apa yang dijanjikan menjadi sebuah turnamen besar,” kata Lupescu, dikutip dari laman resmi UEFA, Jumat (10/6).

Memilih berbagai pemenang penghargaan, Lupescu mengatakan, akan menyebabkan banyak diskusi antara pengamat. Namun pengamat teknis ini akan memilih pemenang  berdasarkan penampilan para pemain di Piala Eropa 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement