Ahad 26 Jun 2016 16:43 WIB

5 Pertemuan Italia Vs Spanyol yang Paling Berkesan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Italia vs Spanyol pada Piala Eropa 2012.
Foto: EPA/SRDJAN SUKI
Italia vs Spanyol pada Piala Eropa 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Italia akan berhadapan dengan Spanyol pada babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade de France, Saint-Denis, Senin (26/6). Laga ini diprediksi akan berlangsung alot mengingat status yang disandang kedua tim tradisional ini.

Duel ini bakal jadi yang ketiga berurutan di Piala Eropa setelah pada 2008 dan 2012 kedua tim juga bertemu dalam laga do or die. 

 Berikut ini lima pertemuan Italia kontra Sanyol yang dianggap paling berkesan.

Perempat Final Piala Dunia 1934

Ini adalah pertemuan pertama Italia dengan Spanyol di ajang resmi. Di pertemuan pertama keduanya bermain imbang 1-1. Sehingga harus dituntaskan dengan laga ulangan beberapa harui setelahnya di mana akhirnya Spanyol harus mengakui keunggulan Italia 1-0.

Penyisihan Grup Piala Eropa 1988

Laga  ini disebut sebagai duel dua tim yang sangat taktis. Hasilnya Italia menang 1-0 berkat sumbangan gol Gianluca Vialli. Bek andalan Spanyol masa itu Michel diusir oleh wasit. Sehingga Italia bisa mencuri satu gol. Di laga ini juga publik pecinta sepak bola menyaksikan debut bek sayap Italia yang kemudian melegenda yaitu Paolo Maldini.

Perempat Final Piala Dunia 1994

Di Piala Dunia Amerika Serikat 1994 Italia kembali bersua di perempat final. Italia yang saat itu bertabur bintang unggul lebih dulu lewat gol Dino Baggio. José Luis Caminero sempat menyamakan kedudukan di awal babak kedua. Tapi akhirnya Italia yang kembali berjaya ketika Roberto Baggio mencetak gol di akhir-akhir laga

Di tengah pertadingan, terjadi insiden yang kemudian menjadi kontroversial. Mauro Tassotti kedapatan menyikut wajah Luis Enrique saat keduanya saling berebut bola. Tasotti tidak dihukum di laga itu. ia baru diganjar larangan bertanding sebanyak delapan laga setelah UEFA melakukan proses ulang kasus tersebut. 

 

 

sumber : UEFA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement