Ahad 10 Jul 2016 22:14 WIB

Senarai Rekor Ronaldo di Piala Eropa

cristiano ronaldo sedang beraksi
Foto: REUTERS/John Sibley Livepic
cristiano ronaldo sedang beraksi

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia sepak bola mengakui Cristiano Ronaldo adalah fenomena. Komitmennya di setiap laga telah berbuah banyaknya rekor terpecahkan atas nama striker berusia 31 tahun ini baik di level klub atau timnas Portugal. Berikut capaian dan rekor yang masih diburu Ronaldo di Piala Eropa, seperti yang dirangkum oleh Gazetta World, Ahad (10/7). 

1.Top skorer di babak kualifikasi dan final

Tiga gol Ronaldo di Piala Eropa 2016 telah menambah koleksi golnya untuk babak kualifikasi dan putara final Piala Eropa; Dia sekarang telah mengoleksi 29 gol dari 47 laga, empat gol lebih banyak dari rekor Zlatan Ibrahimovic.

2.Top skorer di putaran final

Ronaldo telah menyamai rekor sembilan gol Platini di putaran final Piala Eropa. Dia juga menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol di laga putaran final (sembilan laga).

3.Pemain pertama yang mencetak gol di empat putaran final

Dengan koleksi dua gol di Piala Eropa 2004, satu gol di Piala Eropa 2008, dan tiga gol masing-masing di Piala Eropa 2012 dan Piala Eropa 2016, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol di empat putaran final Piala Eropa.

4.Penampilan terbanyak

Setelah 20 laga, Ronaldo menjadi pemain dengan jumlah penampilan paling banyak di Piala Eropa dengan total 1.768 menit bermain. 

5.Bermain dia dua partai final dengan jarak 12 tahun

Rekor Ronaldo ini bisa disamai oleh rekan setimnya, Ricardo Carvalho jika Carvalho juga dimainkan di partai final Piala Eropa 2016.

6.Pemain ketiga yang bisa masuk dalam daftar ‘tim impian’ Piala Eropa

Hanya ada dua pemain; Laurent Blanc (1992, 1996, dan 2000) dan Paolo Maldini (1988, 1996, dan 2000) yang masuk dalam daftar ‘tim impian untuk tiga edisi Piala Eropa, rekor yang juga disamai Ronaldo. 

 

Rekor yang masih bisa dipecahkan Ronaldo 

7.Top skorer di putaran final

Satu gol di laga final Piala Eropa 2016 lawan Prancis cukup bagi Ronaldo untuk melebihi koleksi sembilan gol Michele Platini.

8.Pemain tertua yang mencetak gol di partai final

Pemain Jerman Bernd Holzenbein adalah pemegang rekor ini saat mencetak gol pada 1976 di usia 30 tahun. Ronaldo bisa memecahkan rekor itu jika mencetak gol di partai final di usia 31 tahun.

9.Pemain ke-11 yang memenangi Liga Champions dan Piala Eropa pada tahun yang sama

Ronaldo dan Pepe bisa memecahkan rekor ini jika berhasil juara di Prancis tahun ini.

10.Penampilan paling banyak, termasuk babak kualifikasi

Pemegang rekor ini sekarang adalah Gianluigi Buffon dengan 58 caps. Ronaldo butuh 10 laga lagi untuk memecahkan rekor ini.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement