Rabu 20 Jun 2012 14:07 WIB

Aksi Femen Dicuekin Fans Euro

Aparat kepolisian Ukraina menahan seorang aktivis Femen (ilustrasi).
Foto: Reuters/Gleb Garanich
Aparat kepolisian Ukraina menahan seorang aktivis Femen (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Aksi telanjang dada (topless) aktivis perempuan Femen di Piala Eropa 2012 mengalami gagal total. Bermaksud mencuri perhatian, aksi mereka justru sama sekali dicuekin oleh para suporter.

Dua aktivis Femen menggelar aksi demonstrasi topless jelang pertandingan timnas Swedia di laga Grup D Euro 2012. Kedua masuk ke kerumunan suporter Swedia dan langsung membuka kaos mereka.

Tapi malunya, tidak ada satu pun fans Swedia yang mempedulikan aksi topless dua aktivis Femen tersebut. ''Fans Swedia tidak yakin dengan tujuan aktivis Femen melakukan aksi spontannya,'' tulis situs 3news.co.nz. ''Kebanyakan mereka tidak percaya aksi protes Femen berkaitan dengan perjuangan hak-hak perempuan.''

Satu juta lebih warga asing membanjiri Ukraina untuk menyaksikan Piala Eropa 2012. Femen menilai perhelatan Euro 2012 bisa menjadi magnet bagi pariwisata seks di Ukraina. Karena itu, mereka menolak ajang empat tahunan itu dengan menggelar aksi demonstrasi topless.

Fans Swedia yang sedang duduk santai sambil minum bir menunggu pertandingan timnas itu tidak hanya mencuekin aksi aktivis Femen. Mereka juga menyoraki dan mencemooh kedua penggiat hak perempuan tersebut.

Pihak keamanan akhirnya mengamankan keduanya setelah salah satu dari mereka mencoba naik meja seorang fans Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement