Rabu 02 May 2012 23:00 WIB

UEFA Siapkan 'Mata-Mata' di Piala Eropa 2012

Stadion Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, menjadi salah satu tempat tuan rumah penyelenggaraan pertandingan Piala Eropa 2012.
Foto: Reuters/Gleb Garanich
Stadion Donbass Arena, Donetsk, Ukraina, menjadi salah satu tempat tuan rumah penyelenggaraan pertandingan Piala Eropa 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- UEFA memiliki cara khusus dalam mengantisipasi tindakan rasis yang berpotensi muncul di Piala Eropa 2012. UEFA akan mengirim 'mata-mata' untuk memantau para suporter apakah mereka berbuat rasis atau tidak.

Dalam program 'Hormati Perbedaan', UEFA akan menggandeng FARE dan Never Again untuk menekan aksi rasisme yang kemungkinan terjadi selama perhelatan Piala Eropa 2012. FARE dan Never Again akan menggelar kampanye 'Hormati Perbedaan' sebelum dan selama turnamen berlangsung.

'Salah satu aspek kuncinya adalah Never Again akan memonitor perilaku rasis suporter,'' tulis uefa. ''Ini seperti aktivitas monitor yang menjadi aspek penting kinerja FARE di putaran final turnamen besar dalam beberapa tahun terakhir.''

Untuk turnamen Piala Eropa 2012, FARE akan menerima sejumlah tiket dan akreditas untuk setiap pertandingan. Mereka datang ke stadion bukan untuk menonton pertandingan. Tapi, mereka hadir di tengah kerumunan suporter untuk mengamati perilaku fans apakah ada yang berbuat rasis atau tidak.

''Jika intervensi langsung tak berhasil menyadarkan fans yang berbuat rasis, maka kami akan membuat laporan kepada UEFA untuk mengambil tindakan disiplin kepada mereka,'' kata Direktur Eksekutif FARE,Piara Powar, kepada uefa.

sumber : www.uefa.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement