Jumat 08 Jun 2012 17:30 WIB

Pemain Kejutan di Persaingan Grup A

Piala Eropa 2012
Foto: AP/Czarek Sokolowski
Piala Eropa 2012

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Pesta akbar empat tahunan, Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina, resmi dibuka pada Jumat (8/6) ini. Laga Grup A antara tuan rumah Polandia menjamu Yunani di Stadion Nasional, Warsawa, akan menjadi pertandingan pembuka.

Sejumlah pemain ternama ikut meramaikan persaingan Grup A. Tapi, ada juga beberapa pemain yang mengejutkan karena tidak pernah diduga bakal masuk memperkuat timnas. Sebagian besar pemain kejutan itu adalah pemain-pemain muda yang minim jam terbang.

Di skuat Polandia, ada gelandang Rafal Wolski yang musim ini tampil gemilang bersama klub lokal Legia Warsawa. ‘’Kejutan terbesar adalah masuknya dua pemain muda Legia Warsawa, Rafal Wolski dan Michal Kucharczyk, yang musim ini tampil fantastis,’’ catat goal.

Wolski, yang mencetak enam gol dari 25 laga Legia Warsawa, masuk skuat Polandia. Sementara, Kucharczyk (21) tersingkir karena pelatih Franciszek Smuda lebih mengutamakan pemain senior.

Fernando Santos, pelatih timnas Yunani, juga menghadirkan kejutan dalam jajaran skuatnya. Bukannya memanggil pemain muda yang berenergi dan kuat, pelatih asal Portugal itu membuat keputusan mengejutkan dengan memanggil Nikos Liberopoulos. Striker AEK Athens itu berusia 37 tahun pada Agustus mendatang.

Striker gaek itu jelas tidak memiliki stamina yang dibutuhkan dalam turnamen. Tapi, Liberopoulos tetap dimasukan dalam skuat Yunani.

Sementara Dick Advocaat, pelatih timnas Rusia, mendapat cibiran pers karena tidak rajin mencari bibit pemain muda. Dia sempat membuat kejutan saat menurunkan Taras Burlak (22), bek Lokomotiv Moscow, dalam laga uji coba. Tapi, seperti yang diduga sebelumnya, Advocaat lebih mempercayai pemain tua sehingga Burlak akhirnya terlempar.

Ladislav Krejci, winger Sparta Praha berusia 19 tahun, semula bakal menjadi wildcard Republik Ceska. Dia memiliki kemampuan brilian dalam menggiring bola dan menciptakan peluang. Namun karena usianya masih terlalu belia, Krejci gagal masuk memperkuat timnas Republik Ceska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement