Ahad 13 May 2012 09:00 WIB

Klaas Jan Huntelaar, Momen Menemukan Momentum

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Didi Purwadi
Klaas Jan Huntelaar
Foto: AP/Markus Schreiber
Klaas Jan Huntelaar

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih Belanda, Bert van Marwijk, boleh merasa lega melihat komposisi lini depannya jelang Piala Eropa 2012. Alasannya dua ujung tombak Tim Oranye, Klaas Jan Huntelaar dan Robin Van Persie, tengah produktif musim ini.

Bersama Arsenal, Van Persie untuk sementara menjadi raja gol di Liga Primer Inggris dengan 30 gol. Total sepanjang musim ini RVP sudah mencetak 37 gol di berbagai kompetisi. Raihan terbaiknya bersama the Gunners sejak 2004/2005.

Huntelaar tak kalah tajam. Bomber Schalke 04 ini kini menjadi salah satu pemain tersubur di Bundesliga dengan raihan 29 gol.

Namun di pentas Eropa, the Hunter --julukan bagi Huntelaar-- tampil lebih trengginas dibandingkan Van Persie. Mantan bomber Ajax Amsterdam itu masih menjadi top skorer di Liga Eropa dengan 14 gol. Meskipun timnya sudah tersingkir. Sementara Van Persie hanya bisa mengemas empat gol di Liga Champions.

Huntelaar tak hanya produktif di tataran klub. Bomber berusia 28 tahun ini juga tetap tajam ketika membela skuat timnas Belanda. Terbukti selama babak kualifikasi Piala Eropa, the Hunter sudah 12 kali membobol gawang lawan.

Ia menjadi top skorer babak kualifikasi. Koleksinya pun mengalahkan Van Persie yang baru mengemas lima gol.

Kembali Tajam

Piala Eropa di Ukraina-Polandia ini bisa menjadi kesempatan Huntelaar untuk menemukan momentumnya kembali. Selama ini dirinya selalu berada di bawah bayang-bayang striker gaek Ruud Van Nistelrooy. Bukan hanya itu, di tataran klub ia pun sempat tampil kurang produktif selepas kepergiannya dari Ajax Amsterdam pada 2009.

Setelah jarang mencetak gol di Real Madrid dan AC Milan, Huntelaar seperti menemukan ketajamannya kembali di Schalke. Di musim keduanya bersama klub asal Jerman itu, Huntelaar total sudah mencetak 43 gol dalam 45 laga.

Ia pun tampil gemilang di tim nasional. Kini catatan golnya sudah menyentuh angka 31. Huntelaar menjadi pemain ketujuh tersubur sepanjang sejarah Tim Oranye dan hanya berselisih dua gol dari pemain legendaris Johan Cruyff.

Dengan ketajamannya, Huntelaar bisa menjadi salah satu opsi terbaik Van Marwijk di putaran final Piala Eropa nanti. Mantan penyerang Real Madrid itu akan bersaing dengan Van Persie. Namun bukan tak mungkin keduanya tampil berduet di lini depan. Seperti saat Belanda menghancurkan San Mario 11-0 di babak kualifikasi. Dalam kemenangan terbesar Tim Oranye itu, RVP menyumbang empat gol dan Huntelaar dua gol.

Kedua pemain ini bisa berkontribusi untuk membawa kejayaan Belanda kembali seperti saat merengkuh juara Piala Eropa 1988. Saat di mana Marco Van Basten, Ruud Gullit, dan Wim Kieft merajai daftar top skor dengan raihan masing-masing lima gol. Kini masa depan Tim Oranye bisa ditentukan ketajaman Huntelaar dan Van Persie.

Nama: Klaas Jan Huntelaar

Lahir: Voor-Drempt, 12 Agustus 1983

Posisi: Penyerang

Karier Klub:

- PSV 2002–2004

- De Graafschap (pinjaman)

- AGOVV (pinjaman)

- Heerenveen (2004–2006)

- Ajax (2006–2009)

- Real Madrid (2009)

- AC Milan (2009–2010)

- Schalke 04 (2010 – sekarang)

Karir Timnas: 2006 - sekarang (50 laga, 31 gol)

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement