Ahad 13 May 2012 08:00 WIB

Ioannis Fetfatzidis, Lionel Messi dari Yunani

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Didi Purwadi
 Ioannis Fetfatzidis
Foto: telegraph.co.uk
Ioannis Fetfatzidis

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Kontestan Piala Eropa 2012, Yunani, memunculkan nama-nama baru dalam skuatnya di babak kualifikasi Grup F. Salah satunya talenta muda asal klub Olympiakos Piraeus, Ioannis (Giannis) Fetfatzidis.

Usia Fetfa, nama panggilannya, baru menginjak 20 tahun. Kariernya di tim nasional Yunani pun sebatas pemula, hanya 12 kali tampil. Namun, pemain yang berposisi gelandang sayap ini sudah digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan. Bahkan, ia sudah mendapat julukan 'Greek Messi' atau Lionel Messi dari Yunani.

Tubuh Fetfa mungil, 168 cm, menyerupai Messi. Mempunyai kaki kidal yang dominan dan kemampuannya menggiring bola cukup mumpuni. Pemain yang memulai karier seniornya pada 2009 itu mungkin masih jauh dibandingkan Messi untuk soal membobol gawang lawan. Baru mencetak enam gol dari 44 laga bersama Olympiacos. Tetapi, daya jelajah dan pergerakannya di lapangan kerap kali menjadi ancaman bagi pertahanan lawan.

Baru muncul ke permukaan, Fetfa sudah mendapat sorotan dari salah satu pemain legendaris Yunani, Vassilis Hatzipanagis. Menurutnya, pemain kelahiran Drama, 21 Desember 1990 itu, diberikan talenta luar biasa. "Ia mempunyai semua bakat untuk menjadi pemain kelas wahid andai ia mau bekerja keras," katanya seperti dilansir InsideFutbal.

Siapkan Kejutan

Pelatih tim nasional Yunani, Fernando Santos, mulai memberikan kesempatan bagi Fetfa untuk masuk skuat senior. Ia memulai debutnya dalam laga kualifikasi Piala Eropa menghadapi Latvia, 8 Oktober 2010, sebagai pemain pengganti. Beberapa bulan setelahnya, Fetfa mencetak gol perdananya bagi timnas dalam laga persahabatan kontra Kanada. Golnya menjadi penentu kemenangan Yunani, 1-0.

Fetfa kembali menunjukkan aksinya dalam membobol gawang lawan kala menghadapi Malta di babak kualifikasi Grup F. Ia mencetak dua gol untuk kemenangan Yunani, 3-1. Ini menjadi koleksi ketiganya selama 12 kali memperkuat tim nasional. Fetfa pun turut menjadi bagian dalam laga persahabatan melawan Belgia, awal Maret lalu.

Lionel Messi dari Yunani ini bisa menjadi pemain kejutan di Ukraina-Polandia nanti. Sama seperti Yunani yang tengah memburu kejutan baru seperti terjadi pada Piala Eropa 2004. Masa di mana Tim Biru-Putih ini tampil mengesankan dengan merebut gelar juara. Fetfa bisa turut menjadi bagian Yunani untuk mewujudkan misi kejutan itu.

Nama: Ioannis Fetfatzidis

Kelahiran: Drama, Yunani; 21 Desember 1990

Posisi: Gelandang sayap/gelandang serang

Karir Klub: Olympiacos (2009 - sekarang)

Tim Nasional: 2010 - sekarang (12 laga, 3 gol)

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement