Ahad 29 Apr 2012 06:00 WIB

Alan Dzagoev, Arshavin Baru dari Moscow

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Didi Purwadi
Alan Dzagoev (dua kanan)
Foto: AP/Kerstin Joensson
Alan Dzagoev (dua kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Andey Arshavin kini mempunyai saingan di tim nasional Rusia. Namanya Alan Dzagoev, gelandang berusia 21 tahun yang digadang-gadang menjadi 'New Arshavin'.

Usianya masih belia, tetapi Dzagoev seringkali menjadi bagian inti skuat Rusia. Termasuk dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2012. Gelandang yang memperkuat klub CSKA Moscow ini turut berperan besar mengantarkan negaranya menjadi juara Grup B.

Dzagoev mampu mencetak empat gol dan berada di daftar teratas pemain tersubur Rusia di babak kualifikasi bersama bomber Roman Pavlyuchenko. Dzagoev memang memiliki peran sebagai gelandang serang ketika membela CSKA ataupun tim nasional.

Dia sedikit berbeda dengan Arshavin yang lebih suka menyisir sisi pertahanan lawan. Namun secara kemampuan individual, Dzagoev hampir menyerupai seniornya itu. Dia mumpuni dalam melakukan kontrol bola dan melakukan umpan untuk memanjakan rekan setimnya. Selain itu, Dzagoev juga mempunyai kemampuan melakukan tendangan jarak jauh dan eksekusi bola-bola mati.

Talenta Dzagoev sudah mulai menarik perhatian saat usianya baru menginjak 18 tahun. Klub-klub papan atas Eropa, seperti Arsenal, Chelsea, Manchester United dan Real Madrid dikabarkan tertarik untuk memboyong pemain ini. Terutama setelah pemain muda terbaik Liga Primer Rusia 2008 ini selalu konstan bermain sebagai pemain inti CSKA Moskow.

Pengirim Umpan

Performanya dalam mengolah si kulit bundar juga tak lepas dari pelatih timnas Rusia saat itu, Guus Hiddink. Arsitek asal Belanda ini yang memberikan kesempatan pada Dzagoev untuk mengenakan kostum tim nasional senior. Hiddink mengatakan bahwa gelandang belia ini mempunyai kemampuan untuk melepaskan umpan-umpan berbahaya.

"Dia pemain yang berbakat dan sangat bertalenta," kata Guus Hiddink mengomentari pemain mudanya itu.

Debut Dzagoev di timnas senior Rusia terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 2010 pada Oktober 2008. Ia turun sebagai pemain pengganti dan tercatat sebagai salah satu permain termuda yang membela tim nasional. Dia kala itu berusia 18 tahun 116 hari.

Semenjak itu, nama Dzagoev selalu menjadi pilihan untuk mengisi tempat di skuat tim nasional. Pada putaran final Piala Eropa 2012 di Grup A, Dzagoev bisa menjadi salah satu kunci permainan pelatih Rusia, Dick Advocaat. Sehingga, Rusia mempunyai 'Dua Arshavin' yang akan bahu-membahu mengkoordinasi serangan ke jantung pertahanan lawan.

Data

Nama: Alan Yelizbarovich Dzagoev

Kelahiran: 17 Juni 1990, Beslan, Rusia

Umur: 21 tahun

Posisi: Gelandang Serang

Karier Klub:

- Krylia Sovetov-SOK (2006-2007)

- CSKA Moskow (2008 - sekarang)

Karier Timnas: 2008 - sekarang (18 laga, 4 gol)

sumber : berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement