Kamis 21 Jun 2012 10:31 WIB

Inggris Siapkan Skenario Adu Penalti

 Roy Hodgson
Foto: Reuters/Nigel Roddis
Roy Hodgson

REPUBLIKA.CO.ID, KRAKOW -- Pelatih Roy Hodgson menyiapkan skenario adu penalti guna mengantisipasi kemungkinan laga perempat final lawan Italia berakhir imbang. Inggris selama ini mengalami nasib buruk dalam soal adu penalti.

Pengalaman buruk tersebut kini menghantui Inggris jelang laga babak delapan besar Piala Eropa 2012 lawan Italia pada Ahad (24/6). Bermain di Kiev, laga kedua tim bisa saja diakhiri dengan duel penalti.

''Kami sudah melakukan latihan adu penalti. Usai sesi latihan, kami biasa menggunakan waktu untuk berlatih tendangan penalti,'' kata Hodgson seperti dikutip channelnewsasia.

Inggris kali ini memandang kemungkinan adu penalti lebih serius lagi. Skuat Tiga Singa mencurahkan perhatiannya pada kemungkinan tersebut. Maklum, Inggris selalu kalah dalam duel penalti.

Dalam enam kali adu penalti di turnamen besar, Inggris menelan kekalahan sebanyak lima kali. Satu-satunya kemenangan Inggris dalam duel penalti saat bertemu Spanyol di Piala Eropa 1996.

Hodgson mengakui tidak bisa memindah tensi adu penalti dalam sebuah latihan. Meski sering berlatih tembakan penalti, namun hal yang paling menentukan adalah masalah mental. ''Semuanya tergantung pada ketenangan, keyakinan dan kemampuan sang pemain.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement