Ahad 17 Jun 2012 17:40 WIB

Belanda vs Portugal, Pantang Mati Sebelum Ajal

Portugal vs Belanda
Foto: Berbagai Sumber
Portugal vs Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, KHARKIV - Belanda akan melakoni laga hidup mati saat melawan Portugal dalam pertandingan pamungkas Grup B, di Metalist Stadium, Kharkiv, Senin (18/6) dinihari WIB. Tersungkur di dasar "Grup Neraka" tanpa poin sebiji pun, De Oranje tak punya pilihan lain selain menang jika ingin tetap berpeluang lolos ke babak delapan besar. 

Itu pun tidak hanya sekadar menang. Belanda mesti mencetak setidaknya lebih dari 2-0 ke gawang lawan, sembari berharap Jerman, pemuncak grup klasemen sementara dengan enam poin, bisa membekuk Denmark, di pertandingan pamungkas Grup B lain.

"Kami pikir Jerman akan mengalahkan Denmark dan jadinya kami harus menang melawan Portugal," ungkap pelatih Belanda Bert van Marwijk meramalkan, seperti dikutip Sky Sport, Sabtu (16/7).  

Marwijk boleh saja memompa optimistis, namun statistik pertemuan terakhir kedua tim menunjukan kalau Portugal masih menjadi sosok lawan yang menakutkan.  

Seperti dikutip dari laman situs Soccerway, dalam 10 laga terakhir melawan Portugal (termasuk laga persahabatan), pasukan Oranye baru sekali saja mencetak kemenangan. Itu pun pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 1992. 

Sementara sisanya, berakhir dengan enam kemenangan untuk tim Selecao, dan tiga hasil seri. Diantara kemenangan tersebut, Portugal membukukannya di ajang tingkat dunia, yaitu pada ajang Piala Dunia 2006 dengan skor 1-0 dan Piala Eropa 2004 dengan skor 2-1.

Fakta itu jelas jelas tidak mau diabaikan van Warwijck. "Sejarah mengatakan pada kami kalau mereka bukanlah lawan termudah bagi kami," kata dia.

"Karena itu kami butuh kesabaran. Namun kami juga harus bermain dengan cara yang memungkinkan kami untuk mencetak skor, dan kami yakin jika kami mencetak satu (gol) kami akan mendapatkan yang kedua."

Portugal Ogah Tersingkir

Bagi pelatih Portugal, Paulo Bento, dua partai berlangsung malam nanti juga jadi penentuan nasib tim asuhnnya. Hasil klasemen sementara grup B, yang masih memungkinkan keempat tim untuk lolos, tak membolehkan Portugal lengah sedikit pun.

Bento harus mewaspadai skenario terburuk yang berpotensi menjegal langkah mereka ke delapan besar. Portugal bisa terdepak jika hanya bermain imbang lawan Belanda dan Denmark menang, atau ketika dikalahkan Belanda dan Denmark berhasil mencuri poin dari Jerman.

"Kami tahu strategi apa yang akan Belanda terapkan sejak awal. Anda bisa melihatnya dengan tim Belanda. Mereka akan menguasai bola dan menguasai permainan," kata Bento.

"Namun itu tidak berarti kami harus mengandalkan serangan balik. Kami harus terus mencoba menguasai pertandingan, tidak hanya soal pertahanan kami, namun juga melalui penguasaan bola dan mencari peluang untuk menciptakan gol."

"Kami ingin memenangkan pertandingan dan membawa tiga poin, dan, lalu kita lihat apa yang terjadi," tambah dia. 

Jelang adu nasib di Kharkiv, Senin dinihari WIB nanti, dua tim diperkirakan akan tampil dengan kekuatan penuh. Pada sesi latihan Jumat, Belanda terlihat menyertakan 23 pemainnya, sementara Portugal juga menyertakan bek cadangan Miguel Lopes, yang telah kembali dari sakit flu. 

Prakiraan Formasi

Belanda [4-2-3-1]: Stekelenburg; Van der Wiel, Heitinga, Mathijsen, Willems; N De Jong, Van der Vaart; Van Persie, Sneijder, Robben; Huntelaar

Portugal [4-3-3]: Rui Patricio; Pereira, Pepe, Alves, Coentrao; Meireles, Veloso, Moutinho; Nani, Postiga, Ronaldo

sumber : Yahoo Sport, Soccerway, Sky Sport
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement