Advertisement

Preview Grup C: Irlandia Kroasia Ganggu Dominasi Italia Spanyol

Rabu 23 May 2012 06:06 WIB

Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Jika mengacu pada hitungan di atas kertas, Spanyol dan Italia tentunya difavoritkan bakal mendominasi persaingan Grup C Piala Eropa 2012. Tapi, Republik Irlandia dan Kroasia di atas lapangan hijau pastinya mampu mengganggu dominasi kedua tim favorit tersebut.

Kekuatan juara bertahan Spanyol baru saja tercerabut setelah kapten Carles Puyol dipastikan absen akibat mengalami cedera. La Furia Roja, julukan timnas Spanyol, pun masih harap-harap cemas menunggu kabar perkembangan kondisi striker David Villa. Namun demikian, Spanyol tetaplah Spanyol yang sangat percaya diri masuk posisi dua besar grup untuk memastikan langkah ke perempat final.

Spanyol akan mengawali upaya mempertahankan gelar juara Eropanya dengan menghadapi jawara Piala Dunia 2006, Italia, pada 10 Juni. Pertemuan tersebut merupakan ulangan babak perempat final Piala Eropa 2008 dimana Spanyol menang 4-2 lewat adu penalty.

‘’Laga pembuka mereka lawan Italia bakal sangat krusial,’’ tulis Goal. ‘’Jika kalah dari Italia, mereka akan menghadapi tekanan saat menghadapi Irlandia dan Kroasia.’’

Hal serupa berlaku bagi Italia. Jika kalah dari Spanyol, skuat besutan Cesare Prandelli dipastikan akan sulit menembus babak delapan besar.

Bagaimana dengan Irlandia? Timnas Irlandia memiliki kencenderungan tampil menawan tiap kali menghadapi tim-tim besar. Seperti laga lawan Italia, Irlandia mampu sekali menang, dua kali seri dan sekali kalah dari lima pertemuan dalam 12 tahun terakhir. Apalagi, Irlandia dilatih oleh Giovanni Trapattoni yang merupakan orang asli Italia serta berpengalaman melatih klub-klub elite Italia dan juga timnas Italia.

Irlandia kemungkinan akan bisa mempecundangi salah satu dari dua favorit Grup C. Sementara, kekuatan Kroasia tidak sekuat kekuatan mereka pada beberapa tahun lalu. Tapi, Kroasia selalu tampil di kejuaraan-kejuaraan internasional dengan menjadi salah satu ‘kuda hitam’.

10 Juni 2012

Spanyol vs Italia -- PGE Arena, Gdansk

Republik Irlandia vs Kroasia -- Stadion Municipal Poznan

       

14 Juni 2012

Italia vs Kroasia -- Stadion Municipal Poznan

Spanyol vs Republik Irlandia -- PGE Arena Gdansk

       

18 Juni 2012

Kroasia vs Spanyol -- PGE Arena Gdansk

Italia vs Republik Irlandia -- Stadion Municipal Poznan

Sumber : www.goal.com
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA