Senin 02 Jul 2012 22:29 WIB

Andres Iniesta Digelari Pemain Terbaik Piala Eropa

Iniesta mencium trofi Henry Delaunay
Foto: Getty Images
Iniesta mencium trofi Henry Delaunay

REPUBLIKA, KIEV – Gelandang serang Spanyol Andres Iniesta dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2012. Bintang Barcelona itu menyingkirkan nama-nama beken lain seperti rekan setimnya Xavi Hernandes dan Andrea Pirlo dari Italia.

Direktur Teknik Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) Andy Roxburgh mengatakan, meski tidak mampu mencetak gol dan hanya mencatatkan satu assist, kontribusi Iniesta sangat vital dalam enam laga Matador di putaran final. Sementara Andrea Pirlo yang menjadi buah bibir dengan penampilan memukaunya harus mengakui keunggulan Iniesta di partai final.

“Pirlo sangat luar biasa. Tapi apa yang terjadi di final tidak berpihak padanya. Xabi Alonso dan Xavi Hernandes juga istimewa,” kata dia seperti dilansir situs resmi UEFA, Senin (2/7).

Terpilihnya Andres Iniesta menegaskan dominasi pemain-pemain Spanyol dalam perhelatan Piala Eropa dua edisi terakhir. Pada 2008, Xavi Hernandes terpilih sebagai pemain terbaik.

“Xavi sangat pantas untuk memenangkan gelar itu lagi. Tapi kami pikir Iniesta lebih berhak mendapatkannya. Dia merupakan simbol dari turnamen ini. Kreatifitas dan daya juangnya dengan atau tanpa bola melambangkan apa yang spirit turnamen ini,” ujarnya.

Komite teknik UEFA yang melakukan penjurian terdiri dari perwakilan negara peserta dan dari non-peserta seperti Fabio Capello (Italy), Jerzy Engel (Poland), Dušan Fitzel (Czech Republic), Gérard Houllier (France), Lars Lagerbäck (Sweden), György Mezey (Hungary) and Holger Osieck (pelatih Australia). Dari unsur Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) diwakili oleh Jean-Paul Brigger and Walter Gagg

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement