Senin 02 Jul 2012 07:33 WIB

Del Bosque: Mereka Generasi Terbaik Spanyol

Penggawa timnas Spanyol merayakan kemenangannya menjuarai Piala Eropa 2012 usai mengalahkan Italia 4-0 di partai final.
Foto: Reuters/Juan Medina
Penggawa timnas Spanyol merayakan kemenangannya menjuarai Piala Eropa 2012 usai mengalahkan Italia 4-0 di partai final.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Vicente Del Bosque, pelatih timnas Spanyol, memuji penampilan skuatnya yang baru saja menjuarai Piala Eropa 2012 usai menggasak Italia 4-0 di partai semifinal semalam. Del Bosque menyebut Iker Casillas merupakan generasi terbaik yang pernah dimiliki oleh Spanyol.

Spanyol mencatatkan sejarah sebagai negara pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala Eropa. Mereka juga menasbihkan diri menjadi negara pertama yang menjuarai tiga turnamen internasional secara berturut-turut.

Beberapa pemain seperti Xavi Hernandez, Iker Casillas, dan Andres Iniesta, ikut menjadi bagian dari sejarah tersebut. Del Bosque menyebut mereka merupakan contoh generasi sukses Spanyol.

''Kita bicara tentang generasi terbaik pemain sepakbola,'' kata Del Bosque seperti dikutip FIFA. ''Mereka memiliki akar rumput. Mereka tahu bagaimana cara bermain bola bersama-sama karena mereka berasal dari sebuah negara dimana mereka belajar bermain bola dengan benar.''

Del Bosque mengaku mereka telah mengerjakan tugas luar biasa. Spanyol memiliki pemain-pemain hebat yang merumput di luar negeri. Padahal, hal tersebut sebelumnya sangat tidak mungkin.

''Kami tidak benar-benar pernah memiliki pemain di luar negeri,'' kata Del Bosque. ''Tapi, sekarang klub-klub luar negeri menginginkan pemain kami. Jadi, ini merupakan era besar dalam sejarah sepakbola Spanyol.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement