Sabtu 30 Jun 2012 16:57 WIB

Beckenbauer: Jerman Kalah karena Kehilangan Karakter

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Franz Beckenbauer
Franz Beckenbauer

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kekalahan 1-2 Jerman atas Italia di babak semifinal Piala Eropa 2012 terus mendatangkan kritik. Legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer menyebut, pasukan Joachim Loew itu kalah lantaran terlalu segan kepada Italia. Alasan itu yang membuat Der Panzer kehilangan karena kehilangan karakter bermainnya.

Dua gol yang dilesakan Mario Balotelli ke gawang Manuel Neuer menjadi bukti sahih Jerman bermain tak seperti biasanya. Para punggawa tim 'Diesel' seolah linglung alias kebingungan menghadapi kepungan Gli Azzurri. Philipp Lahm dkk, kata Beckenbauer, terlalu banyak memikirkan lawan dan tidak memanfaatkan potensi yang ada dalam diri mereka.

“Saya tidak mengenali lagi gaya permainan tim nasional kami,” cibir Beckenbauer di laman Radio Belanda, Sabtu (30/6).

Kapten Timnas Jerman Barat saat menjuarai Piala Dunia 1974 itu menyayangkan negaranya dipecundangi Italia. Padahal, sebelum pertandingan  Jerman lebih difavoritkan melaju ke partai puncak. “Tim tersebut tidak menunjukkan gaya permainan Jerman yang sebenarnya,” imbuh pria 66 tahun itu.

Kendati begitu, Beckenbauer tidak menyalahkan strategi yang dipakai Loew sebagai biang keladi kekalahan atas Italia. Menurut mantan pelatih Bayern Munich itu, Loew sudah bekerja baik karena mampu meracik pemain muda Jerman menjadi kekuatan yang ditakuti lawan-lawan.

Untuk itu, pria yang dijuluki Der Kaiser atau 'Sang Kaisar' itu meminta para fans Der Panzer tidak kecewa berlebihan. “Prestasi kami sebenarnya tidak terlalu buruk,” kilahnya. “Kami mampu mencapai babak semifinal. Sementara beberapa negara adi daya sepakbola lain, seperti Belanda, Inggris dan Prancis, sudah tersingkir pada babak-babak sebelumnya,” tegas mantan libero Munich dan Hamburg SV itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement