Jumat 29 Jun 2012 20:26 WIB

Jerman Tersingkir, Klose Incar Piala Dunia 2014

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Karta Raharja Ucu
 Miroslav Klose
Foto: Reuters/Thomas Bohlen
Miroslav Klose

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Terhentinya langkah Jerman di babak semifinal Piala Eropa 2012, membuat Miroslav Klose sesak. Pasalnya, bagi penyerang 34 tahun itu bisa jadi Euro 2012 bakal menjadi kesempatan terakhirnya membela Der Panzer.

Faktor usia memang tidak bisa disangkal, apalagi kini Jerman mempunyai banyak pemain muda potensial. Klose mulai tersisih dari skuat inti Jerman. Perannya pun sudah tergantikan pemain lain, seperti Mario Gomez.

Hal itu terbukti lantaran di Polandia-Ukraina, Klose lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Ia baru sekali turun sebagai starter saat Jerman membungkam Yunani 4-2 di babak perempat final. Tapi terpinggirkannya peran Klose di skuat utama Joachim Loew tak kalah menyakitkan setelah Jerman dihajar Italia 1-2 di babak empat besar.

“Bagi saya, tidak akan ada lagi Piala Eropa dan Piala Dunia di waktu yang akan datang. Itu kenapa saya kecewa,” ujar Klose seperti dilansir Sky Sports.

Klose menyadari peluangnya mengenakan kostum Timnas Jerman semakin kecil. Namun penyerang Lazio ini masih menyimpan hasrat untuk memberikan kontribusi bagi negaranya. Karena itu, ia belum mengindikasikan untuk pensiun dari timnas. Bahkan Klose masih ingin mencoba untuk menjadi bagian Jerman menghadapi Piala Dunia 2014 mendatang.

“Sulit untuk membuat keputusan saat ini, tapi saya bisa membayangkan terus bermain dua tahun lagi untuk menebus kesalahan di 2014,” kata pemain yang sudah menyumbangkan 64 gol bagi timnas Jerman itu.

Usia Klose yang tak lagi muda tak menghalangi mantan penyerang Bayern Munich itu memberikan yang terbaik untuk Tim 'Diesel'. Di babak kualifikasi Euro 2012, ia menjadi top skorer timnya dengan koleksi sembilan gol. Sementara di Lazio musim lalu ia bisa menyumbangkan 15 gol dalam 35 laga di berbagai ajang. Namun ternyata pelatih Jerman, Joachim Loew, lebih mempercayakan barisan depannya pada Mario Gomez yang tampil lebih trengginas bersama Munich musim lalu. Sayangnya meski mencetak tiga gol, Gomez juga dianggap tidak tampil maksimal dalam turnamen kali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement