Kamis 28 Jun 2012 08:52 WIB

Kenapa Ronaldo tak Menjadi Penendang Pertama?

Ekspresi Ronaldo saat Portugal disingkirkan Spanyo lewat adu penalti di semifinal Piala Eropa 2012
Foto: AP Photo
Ekspresi Ronaldo saat Portugal disingkirkan Spanyo lewat adu penalti di semifinal Piala Eropa 2012

REPUBLIKA.CO.ID, DONETSK -- Portugal harus menyerah secara menyakitkan dari Spanyol di semifinal Piala Eropa 2012 lewat adu penalti, Kamis (28/6) dini hari. Portugal yang merepotkan permainan Spanyol dan memaksa laga diakhiri dengan tos-tosan harus menyerah 4-2 dari juara bertahan.

Mungkin pertanyaan dari banyak pihak, kenapa Cristiano Ronaldo tidak menjadi penendang penalti pertama?

"Seharusnya penalti kelima diambil oleh Ronaldo. Setelah Bruno Alves, dia akan menendang. Kedudukan akan imbang 4-4 dan Ronaldo akan menjadi penentu. Ini murni masalah strategi," jelas pelatih Paulo Bento.

Petaka bagi Ronaldo, alih-alih menjadi penentu dia malah tidak menendang penalti karena Cesc Fabregas menyudahi perlawanan Portugal setelah Bruno Alves gagal mengeksekusi penalti.

Namun mantan kapten timnas Inggris, Alan Shearer punya pandangan berbeda. Sebagai pemain terbaik dunia dan kapten, seharusnya Ronaldo menjadi penendang pertama.

"Sebagai kapten, dia harusnya menjadi penendang pertama atau kedua untuk memberikan semangat kepada rekan-rekannya. Dia adalah pemain terbaik Portugal saat ini, namun hanya berdiri dan tak ambil bagian dalam penalti," ungkap Shearer kepada The Sun.

Ronaldo bermain gemilang untuk mengantarkan Portugal hingga babak semifinal, dengan kegagalan ini apakah mimpinya untuk meraih Ballon d'or tahun depan akan tercapai?

sumber : the sun
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement