Senin 25 Jun 2012 14:39 WIB

Gomez dan Ronaldo Berebut Sepatu Emas

Rep: Nur Farida/ Red: Karta Raharja Ucu
Mario Gomez
Foto: Reuters/Thomas Bohlen
Mario Gomez

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Mario Gomez dan Cristiano Ronaldo adalah dua nama tersisa yang berpeluang besar meraih tropi Adidas Golden Boot, penghargaan untuk topskorer di Piala Eropa. Sejauh ini, juru gedor Timnas Jerman dan Timnas Portugal itu sudah mencetak tiga gol dari empat laga yang dimainkan.

Sejatinya, Gomez dan Ronaldo sejajar dengan dua striker Mario Mandzukic (Kroasia) dan Alan Dzagov (Rusia) yang juga mengoleksi tiga gol. Sayangnya, dua nama terakhir otomatis gugur dalam perburuan gelar topskorer setelah negaranya tersisih di fase penyisihan grup.

Gomez tampil apik sepanjang penyisihan grup bersama Der Panzer. Sementara Ronaldo tampil trengginas meski sempat terlambat 'panas'.

Gol pertama Gomez di Polandia-Ukraina dicetak ke gawang Portugal pada laga perdana Grup B, dan dua gol lagi dilesakannya ke gawang Belanda. Sementara Ronaldo baru bisa mencetak gol di laga ketiga kontra Belanda. Di laga pamungkas tersebut, Ronaldo mencetak dua gol sekaligus mengantarkan Portugal ke perempat final. Gol semata wayang CR7 ke gawang Republik Ceksa di perempat final membuatnya sejajar dengan Gomez di daftar pencetak gol terbanyak sementara kompetisi sepak bola terakbar di Benua Biru tersebut.

Di belakang Gomez dan Ronaldo, trio pemain Timnas Spanyol yakni Xabi Alonso, Fernando Torres, dan Cesc Fabregas menguntit dengan dua gol. Ketiganya bakal bersaing memperebutkan tempat ketiga di ajang Euro 2012.

Syarat mendapatkan Adidas Golden Boot bukan hanya jumlah gol yang dicetak seorang pemain. Tapi ada beberapa kriteria lain yang harus dipenuhi sang calon topskorer, seperti jumlah 'assist' dan jumlah waktu paling sedikit yang dimainkan pemain tersebut.

Pada perhelatan Piala Eropa 2008, striker Timnas Spanyol, David Villa keluar sebagai topskorer dengan empat gol. Sementara rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa dipegang legenda sepak bola Prancis, Michel Platini. Mantan playmaker Juventus itu mencetak sembilan gol pada Euro 1984.

sumber : UEFA.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement