Sabtu 23 Jun 2012 22:52 WIB

Prediksi Laga Spanyol Kontra Prancis

Spanyol vs Prancis
Spanyol vs Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, Pelatih Prancis Laurent Blanc tidak menyembunyikan kekecewaannya pascakekalahan Les Bleus dari Swedia di final Grup D, walaupun Prancis masih melaju ke perempat final untuk bersua dengan juara dunia, Spanyol.

Seperti dilansir ESPN, Prancis tadinya tidak berencana menjadi lawan dari La Furia Roja di perempat final. Namun kekalahan mereka dari Swedia dan menangnya Inggris membuat tim Ayam Jantan harus bertemu Spanyol di perempat final.

Kekalahan Prancis ini menuai kontroversi di ruang ganti pemain Les Bleus usai pertandingan, membawa pertengkaran antara Hatem Ben Arfa dan Blanc. Namun, asisten pelatih Alain Boghossian bersikeras mengatakan pertengkaran itu sudah berakhir dan tidak ada lagi api perselisihan.

Di turnamen sepakbola, bila keadaan tidak berlangsung sesuai rencana, sulit menghindari perselisihan. Hal itu dirasakan Belanda yang harus menuai hasil pahit di turnamen ini.

Setidaknya, Franc Ribery dan Samir Nasri, dua pemain penting Les Bleus telah pulih dari cedera dan seharusnya bisa turun lagi ke lapangan untuk memperkuat Prancis di laga esok dini hari.

"Ribery, Benzema, dan Nasri adalah pemain kelas dunia," ujar bos Spanyol Vicente Del Besque di konferensi pers sebelum pertandingan. "Mereka akan membuat kami kerepotan," katanya lagi.

Spanyol telah membuat orang mengangkat alis dengan taktiknya. Del Bosque dipertanyakan karena bermain tanpa striker, hanya mengandalkan gelandang David Silva dan Cesc Fabregas untuk bertugas menyerang. Sang pelatih mengatakan "bukan hal baru dan aneh" tentang bermain tanpa striker.

Itu bisa saja benar, tapi keinginan Spanyol untuk memberi rasa frustrasi bagi lawan sepertinya belum cukup besar untuk merebut gelar bergengsi dunia sepakbola tiga kali berturut-turut.

Masih belum pasti apakah Fernando Torres akan tetap diturunkan sejak awal laga seperti yang baru terjadi di dua laga terakhir melawan Irlandia dan Kroasia. Bisa saja Del Bosque kembali menerapkan formasi 4-6-0 sama seperti saat Spanyol melawan Italia.

Banyak hal yang dipertaruhkan Del Bosque mengingat Spanyol belum pernah menang dari Prancis di laga kompetisi. Dari enam laga, Prancis memenangkan lima pertandingan dan satu kali imbang. Keduanya terakhir bertemu di Piala Dunia 2006. Saat itu 'Ayam Jantan' menggilas 'Matador' 3-1.

Pemain Spanyol yang patut diwaspadai adalah David Silva. Ada dan tiadanya Fernando Torres, peran utama di lapangan tetap dipegang penuh Silva. Dialah yang bermain sebagai konduktor permainan Spanyol. Dengan satu gol dan tiga asis, Silva adalah arsitek dari kesuksesan La Furia Roja di babak grup.

Sementara itu, pemain Les Bleus yang patut diamati adalah Karim Benzema. Pemain yang bermain di Real Madrid ini sukses di Spanyol. Dia telah membuat 21 gol La Liga musim lalu. Benzema belum berhasil unjuk gigi di turnamen ini. Dia baru membuat 17 peluang tanpa ada yang dikonversi jadi gol.

Sangat menarik menyaksikan pertarungan antara Franck Ribery/Samir Nasri melawan Jorbi Alba. Pemain Spanyol yang baru berusia 23 tahun ini baru lima kali bermain di level internasional sebelum Piala Eropa 2012.

Pemain bertahan Valencia ini akan ditempa kemampuannya di panggung internasional saat menghadapi serangan dari Franck Ribery dan Samir Nasri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement