Sabtu 23 Jun 2012 21:58 WIB

Statistik Pertemuan Spanyol Lawan Prancis

 Spanyol merayakan gol Navas.
Foto: AP
Spanyol merayakan gol Navas.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA - Berikut adalah statistik laga antara Spanyol dan Prancis di perempat final Piala Eropa 2012 yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk pada Ahad (24/6) dini hari, seperti dilansir dari Reuters.

Walaupun Spanyol sering menang melawan Prancis di laga head to head (13 menang dan 11 kalah di 30 laga), La Furia Roja belum pernah mengalahkan Les Bleus di kompetisi (5 menang dan satu seri dari enam laga).

Kali pertama Spanyol dan Prancis bertemu di kompetisi besar adalah pada final Piala Eropa 1984 ketika Les Bleus memenangkan trofi pertamanya dengan kemenangan 2-0.

Sejak saat itu mereka sudah dua kali bertemu di final Piala Eropa, di final 1996 di Leeds dengan hasil seri 1-1 dan tahun 2000 di Bruges dengan Prancis keluar sebagai juara setelah mencetak 2-1. Les Bleus juga memenangkan pertemuan satu-satunya di final Piala Dunia 2006 di Hannover dengan hasil 3-1.

Sejak kalah dari Swiss di partai pembuka Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan, Spanyol tidak terkalahkan di turnamen besar. Dari 17 pertandingan, La Furia Roja memenangkan 16 laga. Mereka hanya kebobolan delapan gol.

Spanyol sering dipuji dengan gaya menyerangnya punya juga catatan tentang lini pertahanan yang gemilang. Mereka hanya kemasukan tiga gol di 13 pertandingan terakhir Piala Dunia dan Piala Eropa, 10 di antaranya clean sheet.

Tim terakhir yang berhasil membobol gawang Iker Casillas lebih dari satu gol di final turnamen adalah Prancis di Piala Dunia 2006, Jerman. Les Bleus sukses memenangkan laga dengan skor 3-1.

Kekalahan Les Bleus yang mengejutkan dari Swedia 2-0 di babak grup Piala Eropa 2012 menghancurkan rekor 23 laga tak terkalahkan Prancis sejak September 2010. Prancis mempertahankan 14 clean sheet dari laga tersebut.

Sejak menang dari Spanyol di Piala Dunia 2006, Prancis mengalami kemarau gol. Tercatat hanya ada delapan gol dari 12 pertandingan. Hanya satu pertandingan yang berisi lebih dari satu gol, yaitu kemenangan 2-0 atas Ukraina di Donetsk pekan lalu.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement