Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Rusuh, 515 Orang Ditangkap Sejak Euro 2012

Rabu, 20 Juni 2012, 07:19 WIB
Komentar : 1
Reuters/Agencja Gazeta/Agata Grzybowska
Aparat kepolisian anti-huru hara Polandia menahan suporter yang terlibat perkelahian di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina.
Aparat kepolisian anti-huru hara Polandia menahan suporter yang terlibat perkelahian di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Lebih dari 500 orang, termasuk 153 orang asing ditangkap Kepolisian Polandia sejak Piala Eropa 2012 dimulai. Kabar itu disampaikan Pemerintah Polandia selaku salah satu tuan rumah hajatan sepak bola terakbar di Benua Biru tersebut, Rabu (20/6).

"Secara keseluruhan, 515 orang telah ditangkap. Polisi dipersiapkan untuk jumlah yang jauh lebih besar," kata Menteri dalam negeri, Jacek Cichocki, pada konferensi pers di Warsawa.

Sebanyak 153 orang asing yang ditangkap terdiri dari 92 orang Rusia, 16 orang Kroasia, 15 orang Irlandia, 11 orang Belarus, lima orang Latvia, tiga orang Rumania, dua orang Spanyol, dua orang Serbia, dua orang Jerman, satu orang India, satu orang Hungaria, satu orang Australia, satu orang Portugal, dan satu orang Belanda. "Dibandingkan dengan jumlah orang yang menyaksikan pertandingan-pertandingan, jumlah orang yang ditangkap benar-benar sangat kecil," tutur Cichocki.

Polisi di Polandia dapat menahan seorang tersangka selama 48 jam, namun penahanan formal dan penuntutan harus disetujui pengadilan. Data mengenai jumlah orang yang ditahan dan didakwa melakukan pelanggaran tidak dibenarkan.

Menurut sang menteri, lebih dari 2,5 juta orang telah memasuki negaranya dan berkumpul di keempat stadion dan sejumlah 'fans zone' di Polandia, sejak kompetisi ini dimulai pada 8 Juni. Pada kekerasan paling parah, polisi menangkap 190 orang pada 12 Juni di Warsawa, di tengah pertikaian sebelum pertandingan Polandia melawan Rusia, yang berakhir imbang 1-1.

Polandia dan Rusia telah tersingkir dari turnamen Euro 2012, setelah gagal menembus perempat final. Pertandingan final dijadwalkan dimainkan pada 1 Juli di ibukota Ukraina, Kiev.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : AFP
Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafaat dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong. (QS.Al-Baqarah [2]:48)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...